Nakes Kota Solo Mulai Terima SMS Blast Vaksinasi Dosis Kedua
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah tenaga kesehatan atau nakes Kota Solo mulai menerima SMS blast jadwal vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Rata-rata jadwalnya selisih dua pekan dari pemberian dosis pertama, Kamis (14/1/2021) lalu.

Kendati begitu, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo belum mengetahui total jumlah nakes yang sudah menerima SMS blast kedua. DKK tak menerima pemberitahuan, kecuali nakes yang bersangkutan melapor.

SMS tersebut dikirim langsung ke nomor ponsel nakes yang terdaftar. Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan jika SMS blast untuk dosis kedua mulai dikirim, artinya stok vaksin segera dikirim dalam waktu dekat secara paralel.

Tukang Bangunan Ditemukan Tak Bernyawa Di Kamar Mandi Perumnas Jaten Karanganyar

Ia memperkirakan dalam beberapa hari ke depan bakal menerima informasi supaya mengambil stok Sinovac dosis kedua untuk vaksinasi nakes Solo. “Kami pasti akan dapat info untuk mengambil vaksin lagi. Tapi yang jelas saat pelaksanaan nanti sudah tersedia karena saya yakin pemerintah sudah mempersiapkan dengan cermat,” kata Ning, sapaan akrabnya, kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Persiapan cermat itu, lanjut Ning, termasuk soal kenapa tahap pertama hanya satu dosis dulu yang dikirim. Menurutnya hal itu pasti sudah ada penghitungannya termasuk kemungkinan mempermudah kontrol penyimpanan.

Tertunda

Ning mengatakan apabila Solo mulai vaksinasi dosis pertama pada Kamis (14/1/2021), dosis kedua bakal mulai pada Kamis (28/1/2021). Selama tiga hari pemberian vaksin dosis pertama, DKK mencatat sudah ada 1.240 nakes Kota Solo yang menjalani vaksinasi.

Tambah Terus, Positif Covid-19 Solo Hampir 7.000 Kasus, 331 Orang Meninggal

“Itu belum yang datang tapi terpaksa tertunda vaksinasinya karena memiliki tekanan darah tinggi. Dari laporan yang masuk ada 82 nakes [yang tertunda],” jelasnya.

Seribuan nakes tersebut menerima vaksin lewat 33 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Per hari, fasyankes membuka dua hingga tiga sesi vaksinasi dengan maksimal 15 orang per sesi.

Ia menyebut laporan yang masuk rata-rata per sesi masih sekitar tiga, lima, hingga tujuh nakes. Harapannya mulai pekan ini nakes Kota Solo yang datang untuk vaksinasi per sesi lebih banyak.

2 Nakes Solo Alami Pusing Dan Pegal Seusai Disuntik Vaksin Sinovac

“Karena kan satu sesi itu maksimal bisa melayani 15 orang. Tapi memang semuanya kembali ke masing-masing nakes, karena mereka yang memilih sendiri mau divaksin di mana dan kapan,” kata Ning.

11 Perwakilan

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, mengaku sudah menerima SMS blast untuk vaksinasi dosis kedua. Ia dijadwalkan divaksin lagi pada Senin (1/2/2021) di RSUD Bung Karno.

“Saya terima Senin ini. Ya, tinggal menunggu jadwal saja. Beberapa hari sesudah vaksinasi, saya tidak merasakan apa pun. Sakit sedikit saat suntik saja,” ucapnya.

Sudah Tidak Aktif, 3 Permakaman Kampung di Solo Akan Direlokasi

Ahyani menjadi salah satu dari 11 orang perwakilan berbagai elemen masyarakat yang menerima vaksin kali pertama di Solo. Sepuluh orang lainnya yakni Danrem 074/Warastratama, Wakapolresta Solo, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo.

Selain itu Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Ketua DPRD, serta satu orang perwakilan wartawan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom