Nakes Berstatus PDP Corona Meninggal, Organisasi Perawat Sukoharjo Soroti Lamanya Tes Swab

DPD PPNI Sukoharjo menyayangkan lamanya tes swab bagi pasien termasuk nakes asal Solo Baru yang meninggal dengan status PDP corona pada Sabtu (18/4/2020).

 Pemakaman perawat RS dr Oen Solobaru dilakukan secara prosedur Covid-19 di TPU Daksinoloyo, Minggu (19/4/2020). (Istimewa/Camat Grogol)

SOLOPOS.COM - Pemakaman perawat RS dr Oen Solobaru dilakukan secara prosedur Covid-19 di TPU Daksinoloyo, Minggu (19/4/2020). (Istimewa/Camat Grogol)

Solopos.com, SUKOHARJO -- DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sukoharjo menyayangkan lamanya tes swab bagi pasien termasuk nakes asal Solo Baru yang meninggal dengan status PDP corona pada Sabtu (18/4/2020).

Sekretaris DPD PPNI Sukoharjo Agus Setyawan mengatakan hingga tenaga kesehatan atau nakes itu meninggal dunia, hasil tes swab belum keluar.

Padahal menurut informasi, perawat rumah sakit swasta berinisial AI itu sudah mendapatkan perawatan intensif di ruang isolasi beberapa waktu lalu sebelum meninggal dunia.

Boyolali Tak Lagi Zona Hijau, Seluruh Wilayah Soloraya Zona Merah Corona

"Kami juga mendapat informasi almarhum [perawat] terpapar di ruang OK [kamar operasi]. Sikap kami sebagai organisasi profesi minta kejelasan dari manejemen RS terkait kronologi sakitnya sampai dengan meninggalnya sejawat AI," pinta dia kepada Solopos.com, Minggu (19/4/2020) petang.

Dia juga mendesak dilakukan penelusuran mereka yang pernah bertemu dan mendapatkan pelayanan keperawatan oleh nakes berstatus PDP corona yang meninggal tersebut.

Dengan begitu diharapkan kasus ini dituntaskan dengan melakukan isolasi mandiri hingga tes laboratorium memastikan negatif.

1 Lagi Positif Covid-19 dari Baki Sukoharjo, Suami dari Pasien Sebelumnya

Agus berterima kasih manajemen RS yang juga komitmen mengadvokasi pemeriksaan kesehatan keluarga almarhum nakes itu.

Kehilangan

Dia meminta masyakarat sekitar agar tidak memberikan stigma negatif terhadap keluarga nakes berstatus PDP corona yang meninggal tersebut.

DPD PPNI telah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 DPP PPNI dan DPW PPNI Jateng untuk mengadvokasi keluarga saat hasil tes swab nakes tersebut keluar.

Rapid Test Karanganyar: Pensiunan Pegawai Bank di Cangakan Positif Covid-19

"Kami sangat berduka telah kehilangan salah satu sejawat senior dalam keperawatan di Sukoharjo. Semoga almarhum mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan. Untuk keluarga kami menyampaikan rasa belasungkawa. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan dan penghiburan dari Tuhan," katanya.

Dia pun berharap tidak ada perawat atau nakes Sukoharjo lainnya yang meninggal karena terpapar Covid-19. Pemerintah pusat dan daerah diminta bisa lebih cepat memfasilitasi pemeriksaan swab sehingga penanganan pasien Covid-19 bisa lebih cepat dan tepat.


Berita Terkait

Berita Terkini

Kisah Kampung Matoa Boyolali Bermula dari Mantu

Melihat banyaknya pohon matoa di perkarangan rumah warga Karangduwet, besan dari Klaten menyebut kampung asal pengantin putri sebagai Kampung Matoa.

Tes Urine Mendadak, Prajurit TNI Wonogiri Negatif Narkoba

Tes narkoba melalui urine dilaksanakan secara berkala dan pelaksanaannya secara mendadak.

Siap-siap! Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (26/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Klaten hari ini, Selasa (26/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Jadwal Pemadaman Listrik di Solo Hari Ini (26/10/2021), Mana Saja?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo hari ini, Selasa (26/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Cegah Gelombang Ketiga Covid-19, Lima Sektor Jadi Perhatian Khusus

 Setidaknya lima sektor yang harus mendapatkan perhatian khusus untuk mencegah gelombang ketiga Covid-19.

Air Hujan Bunderjarakan Klaten Pun Dapat Sembuhkan Berbagai Penyakit

Air hujan yang disetrum dapat membersihkan tubuh setelah diminum secara rutin.

Pekan Pertama PTM di Wonogiri Tidak Ada Kasus Covid-19

PTM terbatas hanya boleh dilaksanakan sekolah yang sudah pernah menggelar uji coba PTM.

65 Pengrajin Batik di Kawasan Gunung Sewu Ikuti Diklat Pewarna Alami

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menggeliatkan kembali kegiatan ekonomi warga.

Bos Debt Collector Solo Ungkap Cara Kerja Sindikat Penggelapan Aset

Bos perusahaan penyedia jasa debt collector di Solo Giyatno mengungkapkan cara kerja sindikat penggelapan aset milik perusahaan pembiayaan dan debitur.

Pemkab Sukoharjo Bagikan 1.700 Paket Bantuan, Driver Ojol Ikut Kebagian

Pemkab Sukoharjo membagikan bantuan sebanyak 1.700 paket kepada warga yang terdampak Covid-19 termasuk para driver ojek online.

Mahasiswa UNS Solo Meninggal seusai Diklat Menwa, BEM SV: Usut Tuntas!

BEM SV UNS Solo menuntut kampus, kepolisian dan Menwa segera mengusut tuntas kasus mahasiswa bernama Gilang Endi yang meninggal seusai diklat.

Punya 100 Personel, Bos Debt Collector Solo Ini Ogah Layani Pinjol

Bos perusahaan jasa penagihan utang yang memiliki 100-an personel debt collector di Solo ini mengaku ogah menjalin kerja sama dengan perusahan pinjol, ini alasannya.

Pilkades Antarwaktu Gedangan Sukoharjo Masuki Masa Pendaftaran Calon

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades antarwaktu Gedangan, Grogol, Sukoharjo, memasuki tahapan pendaftaran calon yang berlangsung 10 hari.

Sensus Pertanian di Karanganyar, Upaya Genjot Ekonomi di Tengah Pandemi

Pemkab Karanganyar mendukung program Sensus Pertanian tahun 2023 demi mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Warga Bunderjarakan Klaten Masih Konsumsi Air Hujan

Hujan menjadi sumber air utama bagi warga Dukuh Bunderjarakan, Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom, Klaten.