Naik Rp200.000/Ekor, Segini Harga Kambing Jelang Iduladha Di Kota Solo

Harga kambing yang dijual sejumlah pedagang di Pasar Hewan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, naik hingga Rp200.000 per ekor menjelang Iduladha.

 Salah satu tempat penjualan kambing kurban jenis Randu Jawa di Pasar Kambing, Semanggi, Solo, Kamis (30/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

SOLOPOS.COM - Salah satu tempat penjualan kambing kurban jenis Randu Jawa di Pasar Kambing, Semanggi, Solo, Kamis (30/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Harga kambing di Pasar Hewan Semanggi, Solo, menjelang Iduladha naik mulai Rp100.000 hingga Rp200.000 per ekor. Kenaikan harga itu dipicu harga dari peternak dan permintaan yang meningkat jelang Hari Raya Kurban.

Salah seorang pedagang kambing, Suparmin, 70, mengatakan harga kambing mulai naik semenjak satu pekan yang lalu. “Sudah naik pertengahan bulan ini, Rp100.000, Rp200.000,” ucapnya saat ditemui di lapak jualan kambingnya, Kamis, (30/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Suparmin mengatakan kenaikan harga kambing sudah dari peternak dan menurutnya sudah menjadi tradisi setiap menjelang Iduladha. “Dari peternak sudah naik, memang sudah tradisinya, permintaan juga banyak dari sini,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis.

Ratusan ekor kambing dijual di lapak milik Suparmin Solo dengan harga menyesuaikan jenis dan ukuran. Kambing-kambing itu didatangkan dari berbagai daerah, yakni Wonogiri, Ponorogo dan Pacitan dengan berbagai jenis dan ukuran.

“Dari Wonogiri, Jawa Timuran ada dari Ponorogo, Pacitan, jenisnya ada kambing jawa telinga pendek, kambing jawa randu, kambing gembel, kambing etawa,” ucap pria yang sudah berjualan kambing sejak 1982 itu.

Baca Juga: Jelang Iduladha 2022, Segini Harga Kambing Kurban di Sukoharjo

Harga kambing di lapaknya di Solo, menurut Suparmin, menyesuaikan ukuran besar kecilnya. Untuk ukuran jambing Jawa telinga pendek dipatok dengan harga Rp2,5 juta per ekor. Sedangkan jenis kambing Jawa randu berkisar Rp2,75 juta per ekor.

Kambing Etawa

“Kalau yang Jawa ini telinga pendek Rp2,5 juta, jawa randu Rp2,75 juta, bedanya di telinga, yang jawa randu itu panjang, biasanya yang paling banyak dicari buat masjid-masjid yang itu [kambing jawa randu], kelihatan tinggi [badan kambing],” katanya.

Selain kambing jawa, ada juga jenis domba atau sering disebut ‘wedhus gembel’ dengan harga Rp4 juta. “Yang gembel ini ukuran sedang Rp4 jutaan, kalau agak kecil ya Rp3,7 juta,” kata lelaki itu sembari menunjuk domba yang dia maksud.

Baca Juga: Jelang Iduladha di Tengah Wabah PMK, Harga Hewan Kurban Tetap Naik

Di lapaknya di Pasar Hewan Semanggi, Solo, Suparmin juga menjual kambing jenis Etawa yang harga jualnya paling mahal di antara kambing-kambing lain. “Yang ini [sembari menunjukkan kambing Etawa miliknya] Rp10 juta, beratnya 89 kg,” ungkapnya.

Penjual lain, Murdiyanto, mengatakan hal yang sama. Kambing jawa, jawa randu, dan domba harganya berkisar Rp2,5 juta hingga Rp4 juta menyesuaikan ukuran.

“Yang jawa-jawa ini ya ada Rp2,5 jutaan sampai Rp3 juta, yang domba-domba ini ya Rp4 jutaan sesuai ukurannya,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      APBD Tak Mampu, Butuh Rp200 M untuk Bikin Jalan di Karanganyar Mulus

      Kerusakan jalan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah sulit ditangani dengan hanya mengandalkan anggaran daerah. Dibutuhkan hingga Rp200 miliar untuk perbaikan jalan secara menyeluruh.

      155 Napi Rutan Solo Dapat Remisi HUT RI, 3 Orang Langsung Bebas

      Sebanyak 155 warga binaan pemasyarakatan Rutan Klas I Solo mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman dalam rangka HUT RI, 3 orang langsung bebas.

      Nella Kharisma Konser di Karanganyar, 249 Aparat Keamanan Diterjunkan

      Ratusan personel gabungan TNI, Polisi, dan Satpol PP bakal diterjunkan ke lapangan untuk mengamankan konser musik dangdut Nella Kharisma di lapangan Alun-alun Karanganyar, Jumat (19/8/2022) malam.

      Terminal Tirtonadi Solo Lepas 77 Balon, Ada Voucer Uang Tunainya Lho

      Terminal Tirtonadi Solo merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan melepas 77 balon merah putih dan 10 di antaranya ditempeli voucer uang tunai.

      HUT RI, Ada Upacara di Bawah Permukaan Air di Umbul Ponggok Klaten

      Belasan orang menggelar upacara bendera di bawah permukaan air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Rabu (17/8/2022).

      81 Napi Rutan Boyolali Dapat Remisi, Pengurangan Terbanyak 5 Bulan

      Sebanyak 81 narapidana (napi) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Boyolali mendapatkan remisi bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022) siang.

      Kecelakaan 2 Motor Berbenturan di Ngarum Sragen, 1 Orang Meninggal

      Satu orang meninggal akibat kecelakaan dua sepeda motor berbenturan di Ngarum, Ngrampal, Sragen, Rabu (17/8/2022)

      Bermula Bakar Sampah, Lahan di Kebun Kosong Wonosari Klaten Terbakar

      Peristiwa kebakaran lahan kembali terjadi di Klaten.

      Wow! Seniman Boyolali Pamer Wayang dan Kain Merah Putih Raksasa

      Para seniman di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali menggelar pawai budaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

      Harga Perumahan di Wonogiri Masih Ada yang Murah Meriah Lo

      Wonogiri terus menjadi kawasan berkembang.

      Bursa Lukisan Perpusda Boyolali Jual Karya Mulai Rp500.000, Yuk Dibeli

      Komunitas seni Sapu Gerang Boyolali menggelar bursa lukisan di area parkir Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Boyolali selama sepekan, Sabtu-Sabtu (13-20/8/2022).

      Komandan Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo: Momen Perbaikan Citra

      Komandan upacara yang juga alumnus Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Ilham Muhajirin, 19, mengatakan upacara HUT Ke-77 RI menjadi perayaan ulang tahun ke-50 sekaligus momen perbaikan citra ponpes.

      Khidmat, Malam Tirakatan HUT ke-77 RI di RT 002 Klodran Indah Colomadu

      Pelaksanaan Malam Tirakatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di RT 002/RW 009 Perumahan Klodran Indah Colomadu Karanganyar berlangsung khidmat yang digelar secara offline.

      87 Penumpang Naik KRL Solo Balapan-Palur pada Hari Pertama Uji Coba

      KRL lintas Solo Balapan-Palur akhirnya mulai beroperasi tepat pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      7 Napi di LP Kelas II B Wonogiri Bebas saat HUT ke-77 RI

      Sebanyak 217 warga binaan pemasyarakatan (WBP) LP Kelas II B Wonogiri mendapat remisi kemerdekaan saat perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).