SOLOPOS.COM - Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di area Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri. (M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Perantau Wonogiri yang ingin balik ke perantauan menggunakan bus tidak diwajibkan membuat surat keterangan dari pemerintah desa maupun surat kesehatan.

Kebijakan tersebut diterapkan oleh beberapa Perusahaan Otobus (PO) di Wonogiri belum lama ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Update Kasus Covid-19 Indonesia: Pasien Positif Capai 88.214, Sembuh 46.977, Meninggal 4.239

Kepala Devisi Mareketing PO. Putera Mulya, Heri Prasetyo, mengatakan Putera Mulya sudah mencabut persyaratan yang harus dibawa penumpang berupa surat keterangan dari Pemdes maupun fasilitas kesehatan.

Dari pengakuan beberapa penumpang, menurut dia, surat dari pemdes maupun dari faskes sudah sulit didapatkan. Ia mengatakan, tempat duduk penumpang sudah tidak menerapkan physical distancing.

Pedagang di Pasar Bunder Sragen Pakai Masker di Dagu, Awas Nanti Kena Covid-19 Hlo

Sebelumnya, setiap armada bus hanya diperbolehkan mengangkut penumpang setengah dari jumlah kursi untuk menerpakan physical distancing. “Tapi kami masih mewajibakan penumpang untuk memakai masker. Selain itu di dalam bus juga disediakan hand santizer,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (20/7/2020).

Begitu juga kebijakan di PO. Haryanto. Bus tersebut juga sudah tidak memberlakukan persyaratan surat keterangan sehat bagi penumpangnya. Hal itu disampaikan oleh Kepala Operasional PO. Haryanto, Heru Setiyono, saat dihubungi Solopos.com, belum lama ini.

Cerita Warga Jogonalan Klaten Temukan Harta Karun Peninggalan China dan Hindu Klasik di Sawah

“Jika penumpang tidak penuh, penumpang dipersilahkan untuk memilih tempat duduk sendiri. Rata-rata mereka memilih duduk sendiri. Karena memang penumpangnya juga sepi,” kata dia.

Ia mengatakan, saat ini juga sudah tidak ada cek point. Sebelumnya ada pengecekan di gerbang Tol Cikampek atau Tol Cikarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya