SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembohong. (Solopos)

Foto: Ilustrasi

Suatu studi menemukan bahwa pria lebih sering berbohong dibanding wanita. Informasi yang dilansir Daily Express dan dikutip laman medindia, rata-rata sehari pria menyampaikan tiga kebohongan, atau setara dengan 1.092 kali setahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara, wanita menceritakan atau menyampaikan dua kebohongan sehari, atau 728 kali setahun. Tapi, hal ini tak berlaku dalam hal busana. Wanita cenderung lebih sering berbohong pada pasangannya perihal baju baru.

Sebanyak 39% wanita merasa perlu berbohong perihal penambahan koleksi busananya pada pasangannya. Sementara, laki-laki 26%. Wanita juga cenderung lebih sering pura-pura sibuk untuk menghindari panggilan telepon (50%) dibanding laki-laki (33,33%).

Kesimpulan itu merupakan hasil penelitian BMW Financial Service. Menurut Karen Pine, profesor di bidang Pengembangan Psikologi dari University of Hertfordshire berbohong adalah penyebab dilema moral. Meski demikian, bohong itu sifat penting manusia.

“Kami pikir berbohong adalah buruk, tetapi sebenarnya kemampuan berbohong itu telah membantu manusia untuk bertahan hidup. Nenak moyang kita harus licik mengecoh musuh-musuhnya untuk mendapatkan sumber daya,” ujarnya.

“Setiap orang berbohong, tetapi kita harus tahu kapan itu baik dilakukan, dan kapan tidak baik dilakukan. Mungkin baik berbohong ketika Anda melihat teman Anda memiliki gaya rambut baru dan mengatakannya bagus walaupun Anda tidak menyukainya. Berbohong saat itu bisa menjaga persahabatan. Namun berbohong untuk lari dari kesulitan hidup akan menimbulkan sikap kompulsif,”tambah Karen.

“Siapa berbohong? Setiap orang melakukannya, tapi beberapa orang lebih baik dibanding yang lain.” Nah apakah Anda termasuk kategori suka berbohong?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya