SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Sukses mengembangkan aplikasi Go-Jek, Nadiem, dalam acara Google for Indonesia yang digelar di Jakarta, Selasa (4/12/2018), membagikan tips keberhasilannya. Menurut pria 34 tahun itu mengatakan apa yang diraihnya merupakan proses belajar yang panjang.

“Jika saya harus memilih hal utama yang saya pelajari adalah pentingnya orang,” ujar Nadiem yang masuk dalam daftar Bloomberg 50, sebagaimana dilansir Antara, Senin (10/12/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Nadiem Makarim, meski sebuah startup telah memiliki cukup pendanaan atau produk teknologi yang berkualitas, namun keputusan untuk menaruh orang yang tepat untuk mengurus hal tertentu menjadi krusial.

“Tidak memaksa orang untuk melakukan sesuatu yang mungkin dia bagus dalam hal itu, tapi hal yang dia sangat memiliki passion di dalamnya,” kata Nadiem.

Seiring dengan bisnis yang mulai berkembang, startup akan berpikir tentang “matematika,” namun Nadiem Makarim menekankan hal tersebut harus diiringi dengan rasa bersyukur, dan sikap untuk terus belajar.

Saat ditanya tentang tips bagi mereka yang ingin memulai startup, Nadiem menyebut tiga hal. Pertama adalah “mencoba untuk tidak terlalu banyak mendengar ahli, termasuk saya,” ujar Nadiem.

“Mulai saja dulu, jika kamu tidak mulai kamu tidak akan berada di sana,” sambung dia.

Selanjutnya, Nadiem berpesan kepada anak muda untuk tidak menjadi orang lain. “Banyak anak muda yang punya mimpi “oh saya ingin seperti dia.” Kamu sebenarnya punya kesempatan sukses lebih besar jika kamu memecahkan masalah di sekitarmu dengan tindakan,” kata dia.

“Ketiga, tanya apa pun, jangan mudah percaya apa yang orang lain katakan, riset, eksperimen, dan tes,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya