SOLOPOS.COM - Huawei Matebook (Engadget)

MWC 2016 menghadirkan notebook Huawei Matebook yang dijual Rp9,4 juta.

Solopos.com, BARCELONA — Pabrikan teknologi asal Tiongkok, Huawei, memperkenalkan notebook terbaru di Mobile World Congress (MWC) 2016, Barcelona, Spanyol. Seperti bocoran sebelumnya, perangkat anyar Huawei itu bernama Matebook.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

CEO of Huawei Consumer Business Group, CEO Richard Yu, mengatakan notebook terbaru Huawei Matebook diluncurkan di MWC 2016 untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

“Meski saya memiliki smartphone, tapi saya butuh laptop untuk bekerja. Tapi laptop yang saya pakai itu bulky, tebal, displaynya jelek, baterainya cepat habis dan sering hang. Karena itu kami membuat Huawei MateBook,” ujar Richard Yu, dilansir Detik, Senin (22/2/2016).

Huawei MateBook merupakan hybird notebook. Pengguna bisa menjadikannya sebagai komputer jinjing atau dapat dilepas keyboard-nya untuk dijadikan tablet.

Bodinya cukup tipis, hanya 6,9 mm. Agar menarik, Huawei membesut perangkat Matebooknya dalam empat warna. Layarnya sendiri berukuran 12 inci dengan resolusi 2.160 x 1.440 piksel.

Huawei mengklaim perangkatnya ini punya Color Gamut terbaik. Bahkan mengalahkan Ipad Pro dan Surface Pro 4 bikinan Apple dan Microsoft.

Untuk mobilitas, perusahaan berbasis di Tiongkok itu membuatnya cukup ringan. Beratnya hanya 640 gram. Lebih enteng ketimbang Ipad Pro yang punya bobot 713 gram.

Di dalam tersemat high-density lithium baterai dengan kapasitas 4.430 mAh. Dengan fitur Power Saving Tech, mampu menghemat 25% penggunaan baterai. Alhasil, Huawei MateBook dapat bertahan sepuluh jam untuk mengetik.

Huawei turut menghadirkan Smart Charger yang dapat dikantongi. Charger ini mendukung USB Type C dan MicroUSB. Jeroannya sendiri, dibenamkan prosesor generasi keenam Intel Core M Dual Core, sehingga menjanjikan performa mumpuni.

Seperti dikutip dari Techradar, Senin, Huawei membekali laptop terbarunya dengan pena stylus mirip smartphone atau tablet. Dengan adanya pena tersebut, pengguna akan semakin mudah mengoperasikan perangkat anyar Huawei tersebut.

Nama Matebook bisa menjadi pesaing kuat Microsoft Surface dan MacBook besutan Apple. Selain Huawei, vendor Tiongkok lain yang sedang mengembangkan laptop terbaru adalah Xiaomi. Xiaomi dikabarkan meluncurkan perangkat anyarnya itu tahun ini.

Meski lebih unggul ketimbang Ipad Pro dan Surface Pro 4, Huawei melabeli perangkat jagoannya itu dengan harga lebih terjangkau. Versi termurah, MateBook dilepas seharga US$699 atau sekitar Rp9,4 juta.

Sedangkan yang tertinggi US$1.599 atau Rp21,5 juta. Untuk keyboard Matebook dijual terpisah dengan banderol US$129 atau sekitar Rp1,7 juta. Sedangkan MatePan US$59 atau sekitar Rp794.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya