Kategori: Leisure

Mutasi Virus Corona Inggris Muncul di Indonesia, Gimana Gejalanya?


Solopos.com/Nugroho Meidinata/Newswire

Solopos.com, SOLO -- Bagaimana gejala seseorang terinfeksi mutasi virus corona B117 dari Inggris yang sudah terdeteksi di Indonesia?

Sebagaimana diketahui, pemerintah baru saja mengumumkan mutasi Covid-19 dari Inggris yang ditemukan di Indonesia. Hal tersebut diungkap oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono.

"Tepat satu tahu hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus," jelas dia dilansir Detik.com, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga: Gaya Gibran Vs Bobby dengan Pakaian Dinas Wali Kota, Gantengan Mana?

Menurut studi pracetak dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, mutasi virus corona B117 dari Inggris ini 56 persen lebih menular dibandingkan dengan strain aslinya, SARS-CoV2.

Lalu, bagaimana dengan gejala seseorang yang terinfeksi mutasi virus corona B117 dari Inggris ini?

Baca Juga:  Pelakor Muncul Lagi, Kini Menimpa Rumah Tangga Vanessa Angel

Inikah Gejalanya?

Berdasarkan berita yang diterbitkan Okezone.com dari laman Prevention, banyak ilmuwan masih sulit untuk mengenali gejala tersebut. Akan tetapi, Asisten Profesor Kedokteran Penyakit Menular di Baylor College of Medicine di Houston menjelaskan gejalanya bisa saja mirip dengan strain aslinya.

"Tapi, ada kemungkinan gejala dari B117 tidak berbeda dengan Covid-19 asal Wuhan," beber dia.

Baca Juga:  Waspada Lur! 4 Titik Ini Jadi Langganan Macet di Solo

Hal senada juga diungkap oleh Guru Besar dan Kepala Penyakit Menular di University at Buffalo di New York, Thomas Russo. Ia menjelaskan masyarakat tidak bisa membedakan secara detail mengenai gejala mutasi virus corona dari Inggris dengan strain sebelumnya.

"Dengan kata lain, Anda tidak bisa membedakan dengan cukup detail apakah Anda terpapar Covid-19 atau virus corona B117 asal Inggris," jelas Thomas.

Baca Juga:  Sudah Begini Begitu Tapi Istri Masih Sulit Orgasme? Coba Cara Ini Deh

Untuk mengenali perbedaan maupun gejala yang muncul pada orang yang terpapar mutasi virus corona B117 dari Inggris ini harus dilakukan uji genom virusnya.

Sebagaimana diketahui, gejala seseorang terpapar Covid-19 yang umum adalah demam, menggigil, sesak napas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh hingga sakit kepala. Kemudian, bisa juga mengalami kehilangan rasa dan bau, skait tenggorokan, hidung tersumbat, mual, muntah, atau pun diare.

Baca Juga:  5 Daerah dengan Jumlah Mobil Terbanyak di Jateng, Solo Masuk

Baca Juga:  Cara Ganti Foto KTP Elektronik, Gampang dan No Ribet Kok!

Share
Dipublikasikan oleh
Nugroho Meidinata