Ilustrasi (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, JAKARTA — Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah (Jateng) Inspektur Jenderal Pol. Dwi Prayitno, Selasa (18/03/2014), resmi dilantik menjadi Kapolda Metro Jaya. Tugas Dwi memimpin jajaran Bayangkara Praja di Jateng selanjutnya diemban Brigjen Pol. Noer Ali yang dulunya menjabat sebagai Kapolda Sumatra Barat.

Mutasi di tubuh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) itu berpuncak pada pengisian jabatan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Mabes Polri oleh Irjen Pol. Putut Eko Bayuseno yang sebelumnya adalah Kapolda Metro Jaya. Jabatan Kabaharkam itu kosong setelah Komjen Pol. Badrodin Haiti menjabat sebagai Wakapolri.

Putut bersama para pejabat baru yang mengiringinya itu dilantik dalam upacara serah terima jabatan yang diselenggarakan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta. Upacara itu dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal pol. Sutarman.

Sebelum menjabat menjadi Kapolda Metro Jaya, Putut pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat periode 2011-2012, Kapolda Banten periode 2011, dan Wakapolda Metro Jaya periode 2009-2011. Lulusan Akpol 1984 ini juga pernah menjadi ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2009.

Selain Putut, Sutarman juga melantik lima pejabat Polri lainnya untuk saling menggantikan kekosongan jabatan lantaran naiknya Badrodin Haiti sebagai Wakapolri menggantikan Oegroseno yang kini telah pensiun. "Personel kita yang mengakhiri masa tugasnya atau pensiun, yang tentu jabatan kosong akan diisi oleh pejabat lain. Organisasi akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan masyarakat," jelas Sutarman.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah (Jateng) Brigjen Pol. Noer Ali (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah (Jateng) Brigjen Pol. Noer Ali (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Untuk menggantikan Putut, Kapolda Jateng Irjen Pol. Dwi Prayitno dilantik menjadi Kapolda Metro Jaya. Jabatan Dwi digantikan oleh Brigjen Pol. Noer Ali yang dulunya menjabat sebagai Kapolda Sumatra Barat. Sementara jabatan Kapolda Sumatra Barat kini dijabat oleh Brigjen Pol. Bambang Sri Herwanto yang dulunya menjabat sebagai Kepala Biro Penyuluhan Hukum Divisi Hukum.

Kapolri Jenderal Pol. Sutarman juga melantik Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pol. Gatot Subiyaktoro menjadi Kapolda Bangka Belitung menggantikan Brigjen Pol. Budihartono Untung yang juga dilantik menjadi Widyaiswara Madya Sespim Polri Lemdikpol.

Pada akhir amanatnya, Sutarman memerintahkan kepada para kapolda baru agar segera menjabarkan dan menerapkan rencana strategis (renstra) dan kebijakan Polri kepada personel kepolisian yang ada di wilayah masing-masing demi menghadapi tantangan dan tuntunan masyarakat yang kini semakin berkembang.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten