SOLOPOS.COM - Brigjen Pol.Boy Rafli Amar (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Boy Rafli Amar resmi dimutasi menjadi Kapolda Banten. Sedangkan Kapolri Jenderal Pol. Sutarman enggan menanggapi calon penggantinya.

Solopos.com, JAKARTA — Brigjen Pol Boy Rafli Amar resmi melepaskan jabatannya sebagai Karo Penerangan Masyarakat Mabes Polri dan digantikan oleh Kombes Pol Agus Rianto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyerahan jabatan tersebut berlangsung dalam serah terima jabatan yang dilakukan hari ini, Rabu (24/12/2014), dipimpin oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Ronny F. Sompie.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah ini, Boy Rafli Amar akan menjadi orang nomor satu di Polda Banten (Kapolda Banten). Sementara itu, posisi yang ditinggalkan oleh Agus Rianto akan diisi oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Rikwanto. Mutasi perwira tersebut sesuai dengan Telegram Rahasia Nomor: ST/2500/XII/2014 tertanggal 16 Desember 2014.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol. Sutarman enggan mengomentari soal calon tunggal Kapolri yang akan menggantikan dirinya. Menurutnya, soal penetapan jabatan bintang empat itu merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

“Angkat Kapolri merupakan hak presiden. Kami tidak pada tempatnya untuk berikan komentar, jangan mengurangi hak prerogatif presiden,” ujarnya, Selasa (23/12/2014).

Sebelumnya, Indonesia Police Watch (IPW) meyakini bahwa Komjen Budi Gunawan akan menjadi salah satu kandidat terkuat untuk menggantikan posisi Jenderal Pol Sutarman sebagai Kapolri dan mengawal pemerintahan Jokowi-JK. Menurut Ketua Presidium IPW, Neta S Pane dari sisi senioritas di Polri, Komjen Budi Gunawan merupakan salah satu senior Akpol angkatan 83 yang memiliki pangkat Komjen Pol.?

Jika dirunut, Jenderal Pol. Sutarman yang merupakan Akpol angkatan 81 sudah menjadi Kapolri, kemudian Komjen Pol Bandrodin Haiti Akpol angkatan 82 juga sudah menjadi Wakapolri dan kini giliran Komjen Budi Gunawan, Akpol angkatan 83, yang diyakini akan menjabat sebagai Kapolri.

“Jika dilihat dari senioritas dan faktor politis bisa dipastikan Komjen Budi Gunawan sebagai calon kuat Kapolri menggantikan Sutarman. Selain itu Budi juga mantan ajudan Megawati saat menjadi presiden,” tutur Neta dalam siaran persnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya