SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO – Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemkot Solo segera menyiapkan para calon pengganti pejabat struktural eselon II yang memasuki pensiun yaitu Kepala Inspektorat Kota Solo, Bambang Santosa Wiyono.

Kendati sudah diperkirakan waktu pensiunnya, kenyataannya Pemkot belum menyiapkan pengganti Bambang sebagai Kepala Inspektorat. Alhasil, untuk sementara jabatan itu dirangkap oleh Asisten Administrasi Setda, S Joko Pangarso.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Etty Retnowati mengungkapkan, saat ini, Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemkot masih menggodok nama-nama calon pengisi jabatan tersebut. Tidak hanya kepala inspektorat, tetapi juga sejumlah jabatan eselon II lainnya yang juga akan kosong dalam waktu dekat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saat ini Pak Bambang yang pensiun, bulan depan giliran Kepala BLH (Badan Lingkungan Hidup, Sri Adhyaksa-red). Untuk pengisian jabatan eselon II kan perlu persetujuan dari gubernur. Saat ini Baperjakat sudah mulai bekerja,” jelas Etty.

Etty menambahkan kalau mutasinya hanya pergeseran, tidak terlalu sulit, karena tinggal mengajukan satu nama. Tapi lain halnya dengan promosi. Baperjakat harus mengajukan tiga nama calon ke gubernur. Sebagaimana diinformasikan, tahun 2012, boleh dibilang menjadi tahun kehilangan yang cukup besar bagi Pemkot Solo. Ada tujuh pejabat eselon II yang pensiun dalam jangka waktu berdekatan mulai akhir 2011 hingga 2012.

Sebelum Bambang, Staf Ahli Walikota, Kusdiarto juga sudah pensiun awal tahun ini. Begitu pula mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Mamiek Miftahul Hadi yang pensiun akhir 2011. Sedangkan yang akan menyusul adalah Kepala BLH, Sri Adhyaksa; Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Supartono; Asisten Pemerintahan, Ponco Wibowo, dan Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Singgih Yudoko.

Sebagai persiapan pengisian jabatan-jabatan itu, awal tahun ini, Pemkot telah mengirimkan 36 pejabat eselon IIIa untuk mengikuti uji kompetensi. Selain syarat administrasi berupa pangkat dan golongan, Pemkot memang mensyaratkan pegawai yang akan dipromosikan untuk memiliki kompetensi tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya