Muslim Uighur Dibahas Bareng-Bareng di UMS
Muslim Uighur di China (worldbulletin.net)

Solopos.com, SOLO — Beberapa program studi (prodi) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) , Sabtu (28/11/2020) lalu, membahas bareng-bareng muslim Uighur melalui webinar. Civitas academica UMS membicarakan topik tersebut dengan beberapa aktivis kemanusiaan Uighur, Tiongkok.

Sejumlah prodi yang terlibat tersebut antara lain Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Akuntansi, Ilmu Hukum, Hukum Ekonomi Syariah, dan Ekonomi Pembangunan. Webinar itu dimoderatori Azhar Alam, ahli Hukum Ekonomi Syariah UMS.

Jerapah Putih Terakhir Bertahan di Kenya

Webinar itu menghadirkan narasumber Direktur Hak Asasi Manusia Warga Uighur, Omer Kanat. Ada juga aktivis mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional dan Ilmu Politik Universitas Koc.Turki, Yalkun Uluyol. Ia adalag warga Uighur lulusan MBA yang kini tinggal di Turki.

Ditahan Tentara

Hadir pula sebagai narasumber seorang aktivis dan software engineer yang ayahnya ditahan secara ilegal oleh tentara di Uyghur, Syahida Ali.

Diskusi membahas isu kaum muslim di daerah Xianjiang atau dikenal Turkistan Timur karena adanya tindakan represif dan persekusi yang dilakukan oleh tentara yang anti terhadap minoritas muslim di sana.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom