SOLOPOS.COM - Madonna (istimewa)

Solopos.com, JAKARTA--Penyanyi Madonna mengalahkan Lady Gaga dan rocker veteran Bon Jovi sebagai musisi berpenghasilan terbesar pada tahun 2013, seperti dikatakan Forbes pada Selasa waktu setempat.

Penghasilan Madonna mencapai 125 juta dolar AS, sebagian besar merupakan buah kesuksesan dari tur MDNA yang meraup pendapatan hingga 305 juta dolar AS, juga dari pernak-pernik konser, penjualan dari bisnis pakaian dan parfum.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sesuai nama panggilannya, Madonna adalah Material Girl yang menempati posisi teratas kami dari daftar musisi berpenghasilan terbesar dengan selisih yang besar,” kata Forbes seperti dilansir dari Reuters.

Lady Gaga menempati posisi kedua dengan penghasilan 80 juta dolar AS, dan Bon Jovi berada di peringkat ketiga dengan 79 juta dolar AS.

Seperti Madonna, mereka berdua mendapat penghasilan besar dari tur-tur. Konser teranyar Lady Gaga membawa pendapatan sebanyak 168 juta dolar. Sementara penghasilan kotor Bon Jovi dari konser mencapai 3 juta dolar AS per kota.

Forbes mengumpulkan daftar berisi 25 musisi berpenghasilan terbesar dengan memperkirakan pendapatan selama 12 bulan antara Juni 2012 dan Juni 2013 lewat data dari Pollstar, RIAA, dan Nielsen SoundScan.

Forbes juga berkonsultasi dengan pengacara-pengacara industri, para manajer, dan sebagian musisi. Penjualan tiket, royalti, penjualan pernak-pernik, dan usaha bisnis pun menjadi perhitungan dalam menentukan penghasilan terbesar.

Album terbaru Lady Gaga, “ARTPOP”, tidak diikutkan dalam perhitungan karena dirilis setelah Juni 2012. Bintang musik country Toby Keith menempati posisi keempat dengan 64 juta dolar AS, dan Coldplay berada di nomor lima dengan 64 juta dolar.

Meskipun sebagian musisi meraih pendapatan terbesar dari konser, ada sebagian yang mendapatkannya dari sumber lain.

Rapper Sean “Diddy” Combs yang berada di peringkat sebelas dengan 50 juta dolar AS meraih penghasilan terbanyak lewat kontraknya dengan Cirod vodka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya