Musim Tanam Padi di Madiun, Pembelian Pupuk Bersubsidi Malah Dibatasi

Petani di Kabupaten Madiun mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi dan pembatasan pembelian per petak sawah per petani karena dinilai tidak sesuai kebutuhan.

 Benih padi yang siap ditanam di areal persawahan di Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Sabtu (4/12/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Benih padi yang siap ditanam di areal persawahan di Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Sabtu (4/12/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Petani di Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi pada musim tanam (MT) ketiga tahun ini.

Di sisi lain, petani mengaku keberatan jika harus menggunakan pupuk nonsubsidi. Seorang anggota kelompok tani di Desa Sambirejo, Wahono, mengatakan petani kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi saat ini. Padahal, ketersediaan pupuk penting pada masa tanam padi.

“Seminggu lagi, petani mulai menanam benih padi. Tapi pupuk subsidi sudah sulit untuk ditemui,” kata dia, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga : Profil dan Sepak Terjang Siskaee, Pernah Bikin Konten Mesum Bareng Ojol

Wahono menuturkan ketersediaan pupuk bersubsidi di toko pupuk sedikit. Bahkan, pembelian pupuk bersubsidi dibatasi 35 kilogram (kg) per petak sawah per petani. Padahal, kebutuhan pupuk satu masa tanam mencapai 100 kg per petak sawah.

Untuk memenuhi kebutuhan pupuk itu, lanjut Wahono, biasanya petani membeli pupuk nonsubsidi. Tetapi, harga pupuk nonsubsidi sangat mahal. Petani keberatan dengan kondisi tersebut.

“Untuk kebutuhan pupuk saja, 100 kilogram pupuk subsidi seharga Rp600.000. Tentu ini sangat mahal dan memberatkan petani,” jelasnya.

Baca Juga : Lagi Viral Kuliner Rating Rendah di Soloraya, Banjir Komentar Sadis

Dia memerinci biaya pemupukan satu kali MT padi Rp1 juta sampai Rp2 juta per petak sawah. Itu belum biaya pengairan yang biasanya membutuhkan solar.

Kondisi tersebut membuat sebagian petani harus berutang kepada rentenir maupun meminjam uang di bank. Wahono berharap pemerintah bisa mendengarkan keluhan petani dan menyediakan pupuk subsidi.

Perangkat Desa Sambirejo, Ajar Putra Dewantoro, mengatakan kelangkaan pupuk bersubsidi menjadi masalah yang dihadapi petani setiap musim tanam padi. Dia menyebut lahan pertanian di desanya mencapai 70 hektare.

Baca Juga : Viral Video Mesum Sejoli 25 Detik, Diduga Terjadi di Sragen

Ajar menuturkan pemerintah desa kerap mendengar keluhan kelangkaan pupuk bersubsidi. Dia membenarkan bahwa ketersediaan pupuk bersubsidi ini membuat petani terpaksa membeli pupuk nonsubsidi

“Ini yang menjadi keluhan para petani di sini. Harapannya pemerintah bisa memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi bagi para petani,” tutur Ajar.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Lecehkan Mahasiswi saat Bimbingan Skripsi, Dosen Unesa Dinonaktifkan

Seorang dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) diduga melakukan pelecehan seksual terhadap mahasiswi saat bimbingan skripsi.

Hujan Deras, 12 Desa di Pasuruan Dikepung Banjir

Sebanyak 12 desa yang berada di enam kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) dilanda banjir pada Selasa (18/1/2022).

Sama-Sama Sakti, Ini Perbedaan Rajah dengan Azimat atau Jimat

Meski sama-sama dianggap sakti, rajah dan azimat atau jimat memiliki sejumlah perbedaan yang tak diketahui banyak orang.

Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang Sungai di Lumajang, Warga Waspada

Banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang sejumlah daerah aliran sungai di Lumajang. Tingginya curah hujan yang mengguyur Lumajang sejak siang menjadi faktor penyebab terjadinya banjir ini.

Resmi! Daging Anjing Dilarang Diperjualbelikan di Kota Malang

Wali Kota Malang, Sutiaji, resmi melarang perdagangan daging anjing di wilayahnya, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Angin Kencang di Madiun, 1 Tower SUTET PLN Roboh, 56 Rumah Rusak

Satu tower SUTET milik PLN di Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), roboh akibat diterpa angin kencang yang terjadi pada Minggu (16/1/2022).

Jelajah Pasir Putih dan Pesona Mistis di Pantai Gondo Mayit Blitar

Objek wisata Pantai Gondo Mayit atau kadang disebut Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit di Kota Blitar, Jawa Timur, menyimpan sejumlah misteri, salah satunya soal keberadaan rajah.

Kota Malang Bakal Larang Perdagangan Daging Anjing, Pertama di Jatim

Kota Malang akan menjadi kota pertama di Jawa Timur (Jatim) yang melarang perdagangan daging anjing untuk dikonsumsi.

Waspada! Omicron Terdeteksi di Malang, Tiga Warga Terkonfirmasi

Sebanyak tiga warga Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron.

Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Guncang Surabaya

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 terjadi di Bangkalan, Jawa Timur (Jatim), yang efeknya dirasakan warga Surabaya, Sabtu (15/1/2022).

Waspada Omicron, Pemkab Pasuruan Aktifkan Lagi Tempat Karantina

Pemkab Pasuruan sudah mulai mengantisipasi kemunculan kasus Omicron dengan menyiapkan ruang karantina.

Pancur Pitu, Destinasi Wisata Menarik di Lereng Gunung Pandan Madiun

Objek Wisata Pancur Pitu di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun menjadi wisata alternatif yang menarik dengan keindahan alam serta kolam air dengan tujuh pancurannya.

1 Kasus Omicron Ditemukan di Madiun: Seorang TKI Pulang dari Hong Kong

Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun mengungkapkan kasus pertama Covid-19 varian Omicron di wilayahnya.

Miris! Kafe di Banyuwangi Gelar Acara Striptis Gadis di Bawah Umur

Sebuah kafe di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), digerebek aparat kepolisian karena menggelar pertunjukan striptis yang diperankan perempuan di bawah umur.

Hujan Deras, Pos Kamling di Madiun Ambrol dan Hanyut ke Sungai

Hujan deras yang mengguyur Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim), Kamis (13/1/2022) sore, membuat sejumlah fasilitas warga rusak, salah satunya pos kamling.