SOLOPOS.COM - Foto Kali Code. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja bersiap menghadapi puncak musim penghujan yang akan mengguyur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Januari 2015. Sebab curah hujan tinggi, berpotensi membawa material sisa erupsi Gunung Merapi turun dan mengalir lewat aliran tiga sungai di Kota Jogja.

“Potensi turunnya lahar dingin atau terbawanya material Merapi sisa erupsi yang lalu, selalu ada. Maka, kami sudah memiliki beberapa langkah persiapan,” ujar Agus Winarto, Kepala BPBD Kota Jogja saat ditemui Harianjogja.com di ruang kerjanya, Kamis (16/10/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Langkah tersebut antara lain membenahi Early Warning System (EWS) dari menggunakan aki menjadi sel tenaga surya di enam titik wilayah Sungai Code. EWS untuk Sungai Winongo juga sudah dipasang di Tejokusuman. EWS di Sungai Gajah Wong masih dalam proses. Dua Circuit Camera Television (CCTV) di Terban dan Tompeyan, serta di Pos I Ngentak juga telah terpasang. Koordinasi untuk pemantauan yang melibatkan forum sukarelawan dari 15 komunitas juga telah dilakukan.

Pada Rabu (22/10/2014), BPBD Kota Jogja akan mengadakan gladi boyong Code sebagai persiapan menghadapi banjir di bantaran sungai. Bersama dengan forum Jogja, Sleman, Bantul. Untuk wilayah kota, mengambil titik di Kelurahan Wirogunan.

“Warga sudah kami kondisikan juga sejak kejadian 2010 lalu, mereka ditekankan untuk menyadari bahwa lingkungan tempat tinggal mereka yang berada di pinggiran kali, ada potensi bencana baik banjir maupun datangnya material erupsi Merapi,” terangnya.

Dari pengalaman selama ini, Agus menjelaskan belum pernah terjadi luapan lahar hujan yang amat parah di tempat tinggal warga di Kota Jogja.

“Namun apabila ada luapan sampai banjir, kami siap, baik perahu dan karung-karung. Segala yang terkait kebutuhan evakuasi terkondisi siap,” lanjutnya.

BPBD juga telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Permukiman, Prasarana dan Sarana Wilayah untuk mengecek ulang lampu sorot sungai sebelum memasuki musim penghujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya