SOLOPOS.COM - Pasar Kembang, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang menjadi pusat penjualan hasil bumi dari lereng Gunung Merapi termasuk durian. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, PEKALONGAN — Musim panen durian telah tiba di Jawa Tengah yang terkenal sebagai salah satu produsen raja buah terenak.

Musim durian di Indonesia umumnya berlangsung dari September hingga Februari. Tetapi panen raya durian di Jawa Tengah biasanya terjadi pada Februari-Maret. Saat panen raya tiba, buah ini dijual di berbagai tempat. Termasuk pinggiran jalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bagi Anda pencinta durian di Jawa Tengah tidak perlu khawatir. Ada banyak jenis durian asli Jateng yang bisa dicicipi. Dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (2/2/2022), berikut daftarnya:

Baca juga: Ini Dia Tempat Makan Durian Asyik di Karanganyar

Durian Bawor

Durian ini memiliki rasa yang istimewa dan harganya mahal. Ukuran durian asal Banyumas, Jawa Tengah ini cukup besar.

Rasanya nikmat dengan sensasi manis pahit dan tekstur lembut dan legit. Harga satu buah durian ini bisa mencapai Rp1 jutaan.

Durian Candimulyo

Jenis durian ini sangat populer di kalangan warga lokal Magelang. Rasanya cenderung manis, legit, dan agak pahit. Harganya pun beragam, mulai Rp25.000 hingga Rp150.000 per buah.

Baca juga: Pasar Kembang Kemalang, Salah Satu Surga Durian di Klaten

Durian Brongkol

Wilayah Semarang, Jawa Tengah juga memiliki jenis durian yang khas, yaitu durian brongkol. Durian asli Jateng ini ukurannya kecil, tetapi isinya penuh dengan rasa manis pahit. Durian jenis ini bisa dijumai di Desa Brongkol, Semarang.

Durian Lolong

Durian asli Pekalongan ini memliki ukuran yang besar dengan kulit berduri hijau kekuningan. Rasanya pun dijamin membuat Anda ketagihan.

Baca juga: Saatnya Berburu Durian Lereng Merapi Klaten, Ini Tips dari Pedagang

Durian Jumantono

Dusun Podang, Desa Genengan, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar selalu jadi rujukan para pecinta buah berduri ini. Bukan cuma wisatawan lokal Karanganyar, namun banyak juga dari wilayah lain terutama di Soloraya.

Durian asli Jumantono ini variannya macam-macam. Rasanya dan tekstur dagingnya pun beda-beda. Harganya realtif terjangkau dan variatif tergantung ukuran, mulai dari Rp20.000 hingga Rp80.000 per buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya