SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis)

Harianjogja.com, JOGJA—Transaksi saham di kalangan investor domestik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur Natal dan Tahun Baru mengalami penurunan 5%-10% atau senilai Rp190 miliar disebabkan meningkatnya aksi ambil untung saham oleh kalangan investor.

“Selama liburan banyak investor di Jogja yang justru melakukan aksi ambil untung [profit taking] saham untuk kebutuhan dana liburan,” kata Ketua Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Irfan Nur Riza di Jogja, Kamis (2/1/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia penurunan transaksi saham di DIY juga banyak dipengaruhi iklim dan kondisi pasar nasional serta menurunnya indeks harga saham gabungan (IHSG) menjelang Natal.

Namun demikian, lanjut dia, pascalibur panjang Natal dan tahun baru mendatang, masyarakat justru akan gencar melakukan aksi beli saham kembali khususnya saham sektor konstruksi dan konsumer karena harga telah turun hingga 5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya