SOLOPOS.COM - Foto Kamar Hotel Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Devi Krismawati )

Foto Kamar Hotel Ilustrasi
JIBI/Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone

JOGJA-Memasuki musim liburan anak-anak sekolah, tingkat hunian kamar hotel di DIY mulai menunjukkan adanya peningkatan. Sebelumnya pada Januari hingga April lalu, tingkat hunian hotel di DIY menurun atau sering disebut low season.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran DIY Istijab M Danunegoro mengatakan sejak Mei ini, rata-rata tingkat hunian kamar di DIY semakin meningkat.

“Pada low season kemarin rata-rata tingkat hunian kamar hanya berkisar 50 hingga 60 persen, saat ini meningkat cukup tajam sekitar 88 persen rata-ratanya,” ujarnya, Sabtu (18/5).

Meningkatnya tingkat hunian hotel di DIY menurutnya juga terjadi karena Meeting, Invention, Convention dan Exhibition (MICE) sudah mulai ramai digelar di DIY. Menurutnya, sejak awal Mei lalu, segmen MICE mengalami peningkatan sekitar 15 hingga 20%.

Ia menambahkan peningkatan hunian kamar tersebut, biasanya akan terjadi hingga Juni dan Juli mendatang.

“Namun karena Juli ada puasa, biasanya akan turun sebentar dan naik lagi saat menjelang lebaran nanti,” katanya.

Sementara itu, terkait harga, menurutnya karena sudah memasuki musim peak season, harga batas bawah yang sebelumnya di terapkan pada saat low season sudah tidak di berlakukan lagi.

“Kalau musim ramai seperti ini biasanya harga diskon sudah tidak diberlakukan, karena memang banyak yang mencari kamar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya