SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Memasuki musim hujan, kebersihan mobil menjadi hal yang paling diperhatikan pengendara. Hal ini menjadi penting karena kebersihan mobil akan menjadi cerminan pengendaranya. Bagi yang memiliki waktu luang akan pergi ke salon mobil untuk melakukan perawatan, namun bagi yang tidak, membersihkan atau mencuci mobil sendiri di rumah menjadi alternatif.

Mencuci dan membersihkan mobil sendiri merupakan salah satu alternatif yang banyak dilakukan karena akan merasa lebih dekat dengan kendaraan sendiri sekaligus bisa mengecek kondisi mobil secara keseluruhan.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Berikut ini beberapa tips untuk mencuci mobil di rumah yang perlu Anda perhatikan sebagaimana rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (20/11/2018):

Mencuci mobil di tempat teduh yang aman dari terik matahari langsung
Menempatkan mobil di tempat teduh dan terhindar dari terik matahari langsung adalah hal penting agar air tidak cepat kering sehingga tidak perlu membasahi mobil secara berulang.

Mengatur tekanan air yang keluar dari selang
Membersihkan kotoran yang menempel biasanya bisa dilakukan dengan menyemprotkan air bertekanan ke bodi mobil, tapi perlu diingat terkadang hal ini bisa merusak cat mobil.

Segera keringkan mobil setelah dicuci
Setelah seluruh bagian mobil dicuci, segera keringkan bodi mobil agar tidak ada bercak tertinggal di bodinya. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kilap mobil.

Perlu diperhatikan juga bahan lap mobil yang digunakan. Keringkan dengan kanebo dan selalu berhati-hati dalam mengelap agar tidak meninggalkan bercak atau goresan.

Memilih sampo yang mengandung sedikit silikon dan sesuai dengan jenis mobilnya
Ada banyak jenis sampo mobil yang beredar di pasaran. Sesuaikan jenis sampo dengan karakter bodi mobil. Hal ini bertujuan untuk menjaga cat bodi mobil agar tidak rusak. Sampo yang memiliki banyak kandungan silikon akan mempercepat pudarnya cat mobil.

Berikut ini beberapa pilihan sampo mobil yang bisa  dapatkan di Shopee:

1. Turtle Wax Ice Car Wash
Produk keluaran Turtle Wax ini memiliki busa yang melimpah dan lembut, sangat cocok untuk mengangkat kotoran dan debu di mobil. Kandungan ekstrak minyak kelapanya akan menjaga cat mobil agar tetap berkilau. Sampo ini mengandung kondisioner yang akan menjaga lapisan wax pada mobil.

2. Waxco Nano Super Wax Shampoo
Teknologi nano yang ada pada sampo ini akan membersihkan mobil sampai bagian terdalam, memberikan perlindungan UV, anti jamur, dan anti karat.

3. 3M Car Wash Soap Gold Series
Sampo ini memiliki PH netral sehingga aman untuk segala jenis warna mobil. Keunggulan lain yang dimiliki adalah kandungan anti static agent yang akan mencegah debu dan air menempel dalam jangka waktu lama. Agar hasil maksimal bisa mengkombinasikan dengan spons khusus dari 3M.

4. Kit Wash and Glow
Produk ini memiliki PH seimbang sehingga aman untuk segala jenis cat mobil. Produk ini umumnya digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

5. Waxco Wash and Wax Car Shampoo
Sampo ini merupakan rekomendasi untuk mobil berwarna metalik, tidak merusak lapisan cat dan wax.

6. Bullsone First Class Car Shampoo
Sampo ini mampu mengangkat noda dan memberikan efek kilap pada mobil. Keuntungan lainnya adalah produk ini juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian roda, kaca, bumper, dan karpet mobil.

7. Sonax Gloss Shampoo Concentrate
Keunggulan dari pembersih ini adalah busanya yang melimpah dan lembut tapi dapat mengikat kotoran secara kuat. Sampo ini memiliki kandungan minyak yang membuat permukaan mobil sedikit licin sehingga mudah dibersihkan.

8. Meguiar’s Gold Class Car Wash
Sampo yang mengandung kondisioner ini akan memudahkan  untuk membersihkan kendaraan tanpa meninggalkan bekas dan goresan serta menjaga mobil agar tetap berkilau. Produk ini juga tidak menghilangkan lapisan wax yang melapisi bodi mobil.

Nah, bagaimana? Apakah sudah menentukan jenis sampo yang akan digunakan? Kunjungi situs Shopee untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik untuk semua jenis perawatan mobil!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya