SOLOPOS.COM - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (JIBI/Solopos/Antara)

Musin hujan dikhawatirkan berdampak pada bencana banjir dan longsor. 

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah memastikan persediaan logistik aman menghadapi musim penghujan yang dikhawatirkan berdampak pada bencana banjir dan longsor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dipastikan logistik kita aman,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di sela-sela ziarah Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta, Senin (16/11/2015).

Dia mengatakan, terkait dengan siaga banjir, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani sudah rapat dengan kementerian dan lembaga terkait.

Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Kementerian Sosial harus memastikan saat bencana alam terjadi logistik aman. “Karena ada 274 kabupaten/kota yang potensial mengalami bencana banjir, dipastikan logistik kita aman,” kata dia.

Selain itu, jika pemerintah kabupaten atau kota menyatakan dalam keadaan darurat maka bisa mengeluarkan dari cadangan beras pemerintah (CBP) 100 ton, gubernur bisa mengeluarkan 200 ton dan jika tidak mencukupi Kemensos bisa mengeluarkan di atas 200 ton.

“Kalau ada warga yang mengungsi, maka dipastikan tenda, matras dan makanan siap saji itu dalam koordinasi Kemensos,” tambah Khofifah.

Selain itu, Kemensos juga menyiapkan dapur umum lapangan serta mobil rescue khususnya bagi daerah dengan potensi bencana tinggi

Dia menjelaskan, sejak awal anggaran keluar, Kemensos sudah memberikan ke dinas sosial terkait dengan stok logistik. Maka jika terjadi banjir, dinas sosial setempat bisa langsung menyalurkan bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya