SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Musim hujan mengakibatkan sejumlah kerusakan infrastruktur

Harianjogja.com, JOGJA-Hujan lebat yang mengguyur wilayah Jogja dan sekitarnya, Rabu (23/3/2016) siang hingga sore mengakibatkan jalan ambles dan talud ambrol. Selain itu sejumlah pohon juga tumbang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jalan ambles terdapat di Jalan KH Ahmad Dahlan, Serangan, sekitar pukul 16.00 WIB,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Agus Winarto melalui sambungan telepon.

Jalan yang ambles di jalur utama kendaraan itu selebar enam meter dengan kedalaman tiga meter tepat di sisi timur Jembatan Serangan (barat Hotel Cavinton), Kecamatan Ngampilan. Agus menduga jalan ambles karena gerusan air hujan dari dalam gorong-gorong. Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, pihaknya sudah memberikan pembatas jalan sehingga jalur kendaraan lebih menyempit.

Sementara itu, kata Agus, talud yang ambrol terdapat di Blunyahrejo RT 25 RW 06, Kecamatan Jetis. Talid tersebut ambrol sepanjang 10 meter dengan ketinggian lima meter. Agus menyebutkan, hujan lebat juga menyebabkan sejumlah pohon juga tumbang. Data sementara yang diperolehnya dari Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Kota Jogja di lapangan, yakni  satu pohon Waru berdiameter 40×5 meter di Jalan Tentara Pelajar Badran, Bumijo.

Kemudian satu pohon Keteng diameter 15×10 Meter di halaman Rumah Sakit Ludiro Husodo. “Menimpa kabel listrik PLN dan mobil ambulan,” kata Agus.

pohon Talok diameter 40×40 di Tempat Parkir Taman Pintar juga tumbang dan menimpa satu unit sepeda motor yang sedang diparkir. Di Kantor Kelurahan Giwangan Lama satu pohon Talok juga tumbang.

Petutas Pusdalpos BPBD Kota Jogja, Suyatman mengatakan kejadian jalan ambles, talud ambrol dan pohon tumbang sudah ditangani oleh petugas gabungan BPBD, TNI, Polisi, Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan masyarakat. Dia mengimbau masyarakat tetap waspada mengingat hujan masih akan terjadi di wilayah Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya