SOLOPOS.COM - Ilustrasi bencana alam (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, BANTUL- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul telah menyosialisasikan kawasan rawan bencana menurut karatkeristik wilayah masing-masing.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto, Senin (18/11/2013) menyebutkan wilayah yang rawan bencana yakni Piyungan, Pleret, Pundong, Pajangan, dan Imogiri dan Dlingo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, untuk Pleret rawan datangnya angin kencang karena memang daerah hamparan luas pertanian, adapun Dlingo di wilayah perbukitan rawan tanah longsor.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kawasan rawan banjir meliputi Sewon, Banguntapan, Piyungan, Kasihan dan wilayah-wilayah yang dilalui sungai baik Opak maupun Winongo,” jelasnya.

“Untuk angin tentunya menyeluruh, Hanya potensi pohon tumbang Sewon, Bantul, Kasihan dan wilayah yang banyak pohon perindangnya patut meningkatkan kewaspadaan,” imbuh Dwi.

Dari 75 desa di Kabupaten Bantul seluruhnya telah dirintis desa siaga bencana. Tidak saja membentuk tim masyarakt yang tangguh dan tanggap menghadapi kebencanaan namun juga melakukan penanganan bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya