SOLOPOS.COM - Petugas fogging dari DKK Wonogiri melakukan pengasapan di Lingkungan RT 001 dan RT 003/RW 004, Kelurahan Giritirto, Wonogiri, Selasa (25/2/2014). (JIBI/Solopos/Trianto Hery Suryono)

Musim hujan tiba, Dinas Kesehatan Gunungkidul menyiapkan pengazapan sebagai upaya mencegah DBD

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul sedianya melakukan fogging atau pengasapan di permukiman pada awal Desember 2015.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Kepala Dinkes Kabupaten Gunungkidul, Agus Prihastoro mengungkapkan, pengasapan dilaksanakan di wilayah-wilayah yang diketahui menjadi endemis Demam Berdarah Dengue (DBD). Titik endemis sendiri tersebar di 14 kecamatan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pengasapan dilakukan untuk membunuh induk-induk nyamuk Aedes aegypti. Kami memiliki sejumlah program lain untuk mengantisipasi kasus DBD, mudah-mudahan tidak ada korban jiwa akibat DBD,” ujarnya, Senin (23/11).

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kabupaten Gunungkidul, Sumitro mengatakan kasus DBD menjadi perhatian serius karena tahun lalu mengakibatkan korban jiwa. Pihaknya juga melakukan pemetaan wilayah mana saja yang selama tiga tahun terakhir selalu terjadi kasus DBD.

Melalui program pengasapan ini, diharapkan kasus DBD yang biasanya merebak saat musim penghujan bisa ditekan. Meski demikian, pengasapan bukan satu-satunya kegiatan untuk pencegahan DBD.

Upaya yang paling efisien dan tepat untuk pencegahan adalah dengan melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Warga diimbau untuk melaksanakan program PSN baik dengan gerakan 3M maupun menjalankan pola hidup sehat.

“PSN dimulai dari lingkungan rumah. Namun pada musim penghujan ini kami meminta masyarakat bukan hanya mewaspadai DBD, melainkan leptospirosis,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya