SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi dropping air bersih. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Musim hujan di Wonogiri belum intens sehingga warga di bagian selatan masih butuh pasok air bersih.

Solopos.com, WONOGIRI – Beberapa wilayah di Wonogiri selatan masih membutuhkan pasokan air bersih meski saat ini sudah memasuki musim hujan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri dalam waktu dekat akan memasok air bersih ke tiga kecamatan di Wonogiri selatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketiga kecamatan tersebut adalah Pracimantoro, Giritontro dan Paranggupito.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, air bersih masih sangat dibutuhkan masyarakat setempat karena pasokan air hujan belum mencukupi.

“Di wilayah lain mungkin sudah mulai hujan. Tapi di wilayah selatan baru terjadi hujan satu kali saja,” kata dia, Minggu (15/11/2015).

erdasarkan perkiraan cuaca yang diterimanya dari Stasiun Klimatologi Semarang, untuk wilayah Jawa Tengah umumnya terjadi pada November dasarian I dan II.

Namun untuk sebagian kecil wilayah di Jawa Tengah bagian timur akan terjadi hujan pada Desember dasarian I atau II. Hal tersebut juga akan terjadi untuk wilayah Wonogiri selatan.

Selain di tiga kecamatan tersebut, saat ini BPBD juga tengah memaksimalkan pengaliran air di Pucung, Eromoko.

“Saat ini sedang kami maksimalkan lagi untuk aliran menuju Pucung, Eromoko. Ada sekitar 600 keluarga yang ada di wilayah tersebut. Kebetulan ada bantuan dari BNPB,” kata dia.

Sementara itu Camat Paranggupito, Haryanto, mengatakan di awal musim hujan ini, Paranggupito baru mengalami hujan sekali.

“Jadi untuk kebutuhan air bersih kami kami masih memerlukan bantuan. Saat ini pemerintah kecamatan masih menyalurkan air ke daerah. Itu merupakan bantuan dari pihak ketiga,” kata dia, Minggu.

Menurut dia, kemungkinan penyaluran air bersih akan terus berlangsung hingga akhir November. Sebab biasanya air hujan baru bisa dimanfaatkan jika sudah turun selama lebih dari dua pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya