Tutup Iklan

Musim Haji, Pemdes Donohudan Boyolali Raup Rp50,4 Juta dari Lelang Ruang Tunggu

Jelang musim haji 2019 yang bakal dimulai awal Juli nanti, Pemerintah Desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, berhasil meraup pendapatan tambahan sejumlah Rp50.400.000 melalui pengelolaan ruang tunggu di sisi timur Asrama Haji Donohudan.nNominal ini berhasil meningkatkan pendapatan asli desa (PAD) di luar pemasukan lewat lelang tanah bengkok, pajak dan retribusi, serta penyewaan kios sebagai aset desa.

Musim Haji, Pemdes Donohudan Boyolali Raup Rp50,4 Juta dari Lelang Ruang Tunggu

SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di samping kawasan ruang tunggu Asrama Haji Donohudan di Desa Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Rabu (26/6/2019).

Solopos.com, BOYOLALI—Jelang musim haji 2019 yang bakal dimulai awal Juli nanti, Pemerintah Desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, berhasil meraup pendapatan tambahan sejumlah Rp50.400.000 melalui pengelolaan ruang tunggu di sisi timur Asrama Haji Donohudan.

Nominal ini berhasil meningkatkan pendapatan asli desa (PAD) di luar pemasukan lewat lelang tanah bengkok, pajak dan retribusi, serta penyewaan kios sebagai aset desa.

Pengelolaan ruang tunggu asrama haji ini bahkan menjadi salah satu sumber pendapatan tertinggi.

Sekretaris Desa Donohudan, Hartono, mengatakan pengelolaan ruang tunggu asrama haji dari tahun ke tahun diserahkan kepada pihak ketiga dengan sistem lelang.

Namun demikian, nilai harga jual terendah akan selalu meningkat setiap tahun. Sebagai pembanding, pada 2018 lalu, nilai lelang terendah ada pada harga Rp30 juta, namun tahun ini meningkat menjadi Rp50juta.

Penentuan nilai terendah ini didasarkan atas pangsa pasar dan pendapatan yang diperoleh pemenang lelang pada tahun sebelumnya.

Pemenang lelang kemudian akan mengelola ruang tunggu Asrama Haji Donohudan yang banyak dimanfaatkan oleh pedagang kaki lima (PKL), tempat parkir para pengantar haji, serta retribusi toilet.

“Pengelolaan dana diserahkan sepenuhnya kepada pemenang lelang, pihak desa hanya tinggal menerima,” ujar Hartono ketika berbincang dengan Solopos.com, di kantor desa setempat, Rabu (26/6/2019).

Di musim haji, kawasan Asrama Haji Donohudan bak menjadi pasar tumpah dadakan. Puluhan pedagang memenuhi lingkungan sekitar dengan menjajakan panganan khas untuk buah tangan, pakaian, dan buah-buahan.

Indekos

Pedagang-pedagang berasal dari wiilayah Boyolali dan sekitarnya seperti Colomadu, Karanganyar dan Kartasura, Sukoharjo. Tidak hanya itu, warga yang tinggal di sekitar Asrama Haji Donohudan juga ketiban berkah. Mereka menyewakan kamar indekos bagi para pengantar jemaah.

Terpisah, Pengelola Asrama Haji Donohudan, Joko Pujiyono, mengatakan kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji akan tiba di AHD pada 6 Juli mendatang.

Tahun ini Asrama Haji Donohudan bakal menampung 34.861 jemaah yang dibagi dalam 97 kloter. Para jemaah berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Jogja.

Berita Terkait

Berita Terkini

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.