SOLOPOS.COM - Aktivitas ibadah di dalam Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi.(JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA – Mulai awal September 2014, kloter pertama calon jemaah haji (calhaj) dari Indonesia mulai diberangkatkan. Kementerian Kesehatan menyatakan cuaca musim haji tahun ini diperkirakan akan cukup panas, lebih dari 40 derajat Celsius.

“Musim Haji tahun ini diperkirakan cuaca akan cukup panas. Suhu dapat lebih dari 40 derajat Celcius dan kelembapan pun rendah, dapat di bawah 30 persen,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama dalam keterangan tertulis, Senin (18/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tjandra mengatakan, cuaca tersebut diperkirakan akan mengganggu kenyamanan dan mungkin juga kesehatan para jemaah haji di sana. Ada tujuh anjuran bagi jemaah haji asal Indonesia dalam menghadapi cuaca panas di Tanah Suci.

1. Sejak sekarang, sebelum berangkat, maka persiapkan diri dan selalu lakukan PHBS dengan cara makan bergizi, olahraga, dan lainnya. Ini supaya daya tahan tubuh terjaga?. Dapat juga melatih diri sejak sekarang untuk berjalan kaki di siang hari di Indonesia, sebagai bagian dari penyesuaian diri dengan suasana di Arab Saudi nantinya.

2. Kalau punya penyakit kronik yang sudah lama, sejak sekarang periksakan diri dan makan obat yang diperlukan sesuai anjuran petugas kesehatan. Beri prioritas untuk periksa kesehatan secara intensif sekarang.

3. Ketika di tanah suci nanti, maka harus banyak minum, sedapatnya setiap jam minum setidaknya satu gelas.

4. Perbanyak konsumsi buah-buahan yang banyak dijumpai di Mekkah, Madinah dan lain-lain.

5. Gunakan payung untuk melindungi diri.

6. Handuk kecil dan semprotan air juga perlu selalu dibawa dan sering-sering digunakan.

7. Perlu banyak berisitirahat, jangan terlalu memaksakan diri. Persiapkan diri maksimal untuk menghadapi puncak ibadah haji, yaitu wukuf di Arafah dan mabit di Mina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya