SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Losail (Solopos.com)--Musim baru balapan MotoGP 2011 bakal bergulir dalam sorotan lampu di Sirkuit Losail, Qatar, Senin (21/3) dini hari WIB. Diprediksi sedikitnya ada empat pembalap yang akan terlibat dalam perburuan gelar juara.

Ketatnya peta persaingan seolah menjadi jaminan musim ini bakal berjalan seru. Sulit memprediksi siapa kandidat juara terfavorit, meskipun jelang balapan perdana ini Casey Stoner tampil paling moncer. Terlalu dini menjagokan Stoner bakal melenggang mulus ke podium.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Juara bertahan yang menunggangi Yamaha, Jorge Lorenzo, dipastikan bakal ngotot mengejar titel keduanya. Sedangkan Valentino Rossi ingin membuktikan diri bersama tim barunya, Ducati. Publik juga tak bisa menepiskan begitu saja kiprah Dani Pedroda, yang kebetulan merupakan rekan setim Stoner. Beberapa pihak bahkan meyakini ancaman utama terhadap Stoner justru bakal datang dari Pedrosa.

Setelah mendominasi sesi uji coba pramusim, Stoner paling difavoritkan bakal memenangi gelr juara dunia musim ini. Stoner benar-benar membuat para rivalnya bergidik setelah menyapu bersih tiga sesi latihan bebas di Losail. Pembalap Spanyol ini juga terus memperbaiki catatan waktunya.

“Sesi uji coba kami sangat produktif dan segalanya berjalan bagus. Tapi uji coba dan balapan adalah dua hal berbeda. Kami sering melihat segalanya berjalan lancar dalam uji coba dan berubah ketika musim bergulir. Kami harus tetap berpijak ke bumi,” kata Stoner merendah, seperti dilansir <I>eurosport.co.uk<I>, Kamis (17/3/2011).

Di kubu Ducati, Rossi bermodal motivasi tinggi dan pengalaman untuk mencoba kembali menjadi raja MotoGP. Setelah lima tahun bersama Yamaha, musim ini The Doctor memutuskan untuk mencari atmosfer dan mesin baru. Sayangnya, menjelang balapan perdana di Qatar, ia belum juga nyetel dengan tunggangan barunya. Rossi malah terpuruk dalam sesi latihan bebas di Losail. Pengalaman dan kecerdikan Rossi tampaknya bakal menjadi kunci apakah ia mampu mengatrol performa Ducati andalannya.

Namun, bukan Rossi namanya jika minder menghadapi persaingan. Sepanjang sesi pramusim, ia rajin melontarkan perang urat syarat. Bidikan utamanya adalah sang favorit juara, Stoner. Ia menuding Stoner sebagai pembalap yang hobi mengulangi kesalahan yang sama.

Performa Lorenzo sepanjang pramusim dan sesi tes bebas di Losail memang tak terlalu gemilang. Tapi meremehkan jagoan Spanyol ini bakal menjadi kesalahan fatal. Sang pembalap sendiri tetap percaya diri bersaing. Ia hanya meminta Yamaha segera berbenah jika tak mau tertinggal jauh dari para rival. Permintaan Lorenzo memang tidak berlebihan. Yamaha harus cepat-cepat mencari terobosan karena Honda selalu mengungguli catatan waktu mereka dalam delapan kali uji coba pramusim di Sepang Malaysia dan juga di Qatar.

“Saat ini kami memang tidak dalam kondisi terbaik dalam setting motor. Kami butuh pembenahan supaya motor kompetitif dan saya yakin kami bisa lebih cepat. Sejujurnya para rival berkembang banyak, sedangkan Yamaha tidak,” kata Lorenzo, seperti dilansir supersport.com, Sabtu (19/3/2011).

yms

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya