SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SAN FRANCISCO—Dua pekan lagi Facebook akan menyediakan layanan musik secara cuma-cuma. Lebih dari 750 juta pengguna jejaring sosial ini nantinya dapat menikmati streaming lagu melalui situs Facebook.com yang dipasok Spotify, MOG, dan Rdio.

Menyimak ulasan pendiri sekaligus CEO situs teknologi Mashable, Pete Cashmore, seperti dikutip CNN, umumnya layanan gratisan yang disediakan Facebook akan laris manis. Misalnya fitur Facebook Places yang memberikan layanan berbasis lokasi sama seperti Foursquare dan bermacam-macam game yang dimainkan secara berkelompok.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekilas, menurut Cashmore, layanan musik gratis ini akan membuat Facebook naik daun lagi karena bisa dipastikan semua orang di seluruh dunia senang mendengarkan musik. “Ini seperti memberikan es krim gratis,” kata Cashmore, Rabu, (7/9).

Tapi bagaimana dengan para pemasok musik itu, seperti Spotify, MOG, dan Rdio. Tentunya, lanjut Cashmore, mereka memiliki perjanjian dengan perusahaan rekaman yang tentunya bertujuan menghasilkan uang.

Cashmore menambahkan, tentunya layanan musik gratisan ini tidak tepat untuk dijadikan model bisnis berkelanjutan. “Ini ancaman yang harus diwaspadai Facebook,” ujarnya.

Dia memprediksi, mungkin saja streaming lagu gratis ini akan bernasib sama seperti Facebook Deals, di mana perusahaan milik Mark Zuckerberg itu mencoba untuk terjun ke dunia e-commerce. Rencananya, Facebook Deals akan ditutup dalam beberapa pekan ke depan karena lesu peminat.

Rencananya, Facebook akan meluncurkan layanan streaming musik gratisnya pada konferensi f8 yang akan berlangsung di San Francisco, Amerika Serikat pada 22 September mendatang.

“Akan tersedia jutaan lagu yang bisa langsung dinikmati di komputer,” kata seorang juru bicara Facebook seperti dikuti Dailymail. Spotify yang merupakan layanan musik asal Swedia dengan 10 juta pengguna menyediakan 15 juta lagu gratisan.

Mengenai kemungkinan adanya penolakan dari perusahaan rekaman, Spotify menolak berkomentar. “Kami memiliki hubungan baik dengan Facebook dan terus bekerja untuk membuat pengalaman sosial yang terbaik,” kata juru bicara Spotify.

Awalnya sejumlah perusahaan musik enggan bermitra dengan layanan streaming gratisan, seperti yang dilakukan Spotify karena khawatir akan merusak penjualan. Namun, karena Spotify memiliki 1,6 juta pelanggan yang mau membayar setiap lagu yang mereka nikmati, perusahaan rekaman akhirnya mau bekerja sama.(Tempointeraktif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya