MUSEUM SURABAYA : Ngeri, Ada Foto Bisa Mengamati Gerak Pengunjung

MUSEUM SURABAYA : Ngeri, Ada Foto Bisa Mengamati Gerak Pengunjung

SOLOPOS.COM - Pembukaan kembali Museum Kathedral Jakarta, Jumat (12/12/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Paramayuda)

Museum Surabaya menyimpan sebuah keanehan pada salah satu koleksi fotonya. Sebab, sorot mata foto tersebut bisa mengikuti pengunjung. Hii...

Solopos.com, SURABAYA – Museum Surabaya sekarang bisa jadi telah menjadi ikon baru Kota Surabaya. Jika berkunjung, jangan lewatkan untuk melihat foto-foto pemimpin Kota Surabaya dari zaman ke zaman. Sebab ada yang aneh di salah satu foto tersebut.

Penasaran? Setelah puas keliling di dalam Museum Surabaya yang menempati lantai dasar gedung eks Siola di Jalan Tunjungan, jangan lewatkan untuk kembali di pintu masuk museum bagian dalam.

Di dinding yang memajang foto-foto wali kota dari zaman ke zaman itu juga terdapat foto Wali Kota Tri Rismaharini. Foto Risma yang sedang tersenyum itu nampak biasa saja tak jauh beda dengan foto-foto wali kota sebelumnya.

Namun bila teliti dan memandang agak lama, foto Risma berkerudung itu akan tampak beda. Foto wali kota yang akan purna tugas September tahun ini seolah bergerak mengikuti pandangan siapapun yang melihatnya.

"Iya ya wajah Bu Risma kok seolah mengikuti kita sih," kata Pendik, warga Dapuan saat ditemui asyik memperhatikan foto Risma, Minggu (24/5/2015).

Pendik pun mencoba bergeser ke arah kiri dan selanjutnya ke kanan. Ia ingin memastikan kabar keanehan foto Risma yang sudah menjadi bahan pembicaraan kawan-kawannya yang juga sudah membuktikan keanehan itu di Museum Surabaya.

Seorang anggota Bakesbang Linmas yang berjaga di pintu masuk bagian museum juga mengakui banyak yang penasaran dengan foto wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.

"Banyak kok yang penasaran melihat foto Bu Risma yang diyakini bergerak mengikuti pandangan pengunjung," katanya.

Keanehan itu juga sempat terdengar ke telinga pejabat Pemkot Surabaya. Kabag Humas Kota Surabaya M Fikser mengaku sudah mendengar kabar itu.

"Padahal semua foto wali kota dari zaman ke zaman itu dicetak di tempat yang sama. Tidak ada teknis khusus kok," kata M Fikser. M Fikser menyerahkan sepenuhnya ke pengunjung museum. "Mungkin itu persepsi warga saja," katanya.

Wali Kota Risma yang dikonfirmasi langsung tertawa. Ia mengaku heran dengan kabar yang jadi buah bibir itu. "Ono-ono wae arek-arek iki. Mosok fotoku iso gerak melihat ke kiri kanan melu sing nonton," kata Risma di sela-sela menikmati Festival Kuliner di Jalan Tunjungan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 16 dan 20 Mei, Kemenhub Tingkatkan Tes Acak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meningkatkan tes antigen secara acak sebagai salah satu upaya menghadapi puncak arus mudik yang kemungkinan terjadi tanggal 16 dan 20 Mei 2021.

Liburan Jelajahi Tempat Wisata Terbaru di Grobogan

Bagi warga Grobogan, wisata di Jowo Dhuwur View menjadi destinasi pelancong dengan beragam macam wahana hiburan yang bisa dinikmati.

Para Selebritas Mualaf Ini untuk Kali Pertama Rayakan Lebaran

Sejumlah selebritas mualaf ini untuk kali pertama merayakan Lebaran.

Selama Ramadan, 300 PGOT Ditangkap Satpol PP Solo, 2 Eksploitasi Anak

Satpol PP Kota Solo selama Ramadan dan Hari H Lebaran menangkap sebanyak 300 pengemis, gelandangan, dan orang terlantar atau PGOT di Kota Solo.

H+2 Lebaran, Arus Lalu Lintas ke Wisata Kemuning-Tawangmangu Macet Lur!  

Arus kendaraan menuju ke jalur wisata Ngargoyoso dan Tawangmangu pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021) mengalami kenaikan signifikan.

Bagi-Bagi Kupat Jembut di Tradisi Syawalan Khas Semarang

Dalam Bahasa Jawa, kata jembut mungkin memiliki kesan vulgar. Namun jembut di sini rupaya adalah jenis makanan.

Perahu Wisata di Waduk Kedung Ombo Kemusu Boyolali Tenggelam Diduga Kelebihan Muatan

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedung Ombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Permasalahan Pembayaran THR Banyak Dialami UMKM, Pemerintah Harus Hadir

Pemerintah harus hadir secara langsung untuk menangani masalah pembayaran THR keagamaan bagi perusahaan-perusahaan di segmen UMKM yang tidak mampu melakukan pembayaran sesuai ketentuan.

Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam, 9 Orang Hilang

Sembilan penumpang perahu wisata di Waduk Kedungombo, Kemusu, Boyolali, yang tenggelam, Sabtu (15/5/2021) hilang.

Grebeg Ketupat, Tradisi Perayaan Lebaran Khas Magelang

Indonesia memiliki tradisi Lebaran yang unik di setiap daerah. Salah satunya Tradisi Grebeg Ketupat di Kabupaten Magelang.

Petugas Rutan Solo Temukan Handphone, Diduga Dilempar dari Luar Dinding Rutan

Petugas Rutan Kelas I A Solo kembali menggagalkan percobaan penyelundupan benda terlarang di dalam Rutan Solo

Ribuan Pengunjung Serbu Ndayu Park Sragen di H+2 Lebaran

Ribuan warga berlibur ke objek wisata Ndayu Park Sragen pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).