Tutup Iklan

MUSEUM RADYA PUSTAKA : Komite Ajukan Dana Hibah Rp400 Juta

MUSEUM RADYA PUSTAKA : Komite Ajukan Dana Hibah Rp400 Juta

SOLOPOS.COM - Museum Radyapustaka Solo (JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)

Museum Radya Pustaka Solo ke depan akan dikelola oleh UPTD.

Solopos.com, SOLO – Pengelola Museum Radya Pustaka mengajukan dana hibah senilai Rp400 juta untuk operasional museum setempat pada 2017 mendatang.

Ketua Komite Museum Radya Pustaka, Purnomo Subagiyo, mengatakan hingga kini belum ada kepastian pembentukan Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) yang rencananya bakal mengambil peran pengelolaan museum.

“Sampai saat ini UPTD museum belum terbentuk. Daripada mengganggu operasional tahun depan, kami ajukan dulu dana operasionalnya,” katanya saat ditemui di sela-sela Prosesi Jamasan Pusaka Museum Radya Pustaka, Jumat (28/10/2016).

Purnomo mengatakan  anggaran yang diajukan untuk pengelolaan museum tahun depan mencapai Rp400 juta atau naik Rp100 juta dibandingkan tahun ini senilai Rp300 juta.

Anggaran operasional tahun ini yang bersumber dari APBD 2016 dialokasikan untuk membayar gaji 12 karyawan senilai Rp17 juta/bulan, pembayaran listrik Rp4 juta/bulan, perawatan museum Rp4 juta/bulan, dan sebagainya.

“Pengajuan tahun depan full untuk operasional seperti membayar listrik, telepon, gaji pegawai, dan lain sebagainya. Kami naikkan sedikit anggaran untuk menambah kesejahteraan pegawai di sini. Tidak ada alokasi anggaran untuk event seperti yang sudah disampaikan Pak Wali [Wali Kota],” ujar dia.

Terkait proses transisi pengelolaan Museum Radya Pustaka dari komite ke UPTD, Purnomo mengatakan saat ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo tengah proses menginventarisasi ulang seluruh koleksi dan aset museum.

“Pendataan di sini sudah tiga kali. 1992 lalu dari Kelompok Peminat Budaya UNS, 2007 lalu dari Balai Pelestarian Cagar Budaya, dan satunya pendataan khusus naskah dari peneliti naskah kuno Nancy K. Florida,” ujar dia.

Sebelumnya, Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menyampaikan pembentukan UPTD museum masih diproses. Dia mempertimbangkan pengelolaan Museum Radya Pustaka ke depan masih memanfaatkan sejumlah pegawai yang selama ini membantu mengelola museum tertua itu.

“Ini masih transisi [pengelolaan] dari komite ke UPTD. Kami masih memproses pembentukan UPTD dengan mengacu peraturan yang ada,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar