Museum Lawang Sewu Tetap Minta Pengunjung Kenakan Masker

PT KAI Wisata selaku pengelola Museum Lawang Sewu di Semarang dan Museum Kereta Api Ambarawa belum menerapkan pelonggaran aturan penggunaan masker.

 Pengunjung terlihat bercengkrama di salah satu sudut di bangunan Museum Lawang Sewu, Kota Semarang, Jumat (20/5/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Pengunjung terlihat bercengkrama di salah satu sudut di bangunan Museum Lawang Sewu, Kota Semarang, Jumat (20/5/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah memang telah mengizinkan masyarakat tidak menggunakan masker saat berada di ruang terbuka. Kendati demikian, PT Kereta Api Pariwisata atau KAI Wisata tetap meminta wisatawan, terutama yang berkunjung ke Museum Lawang Sewu di Semarang maupun Museum KA Ambarawa tetap menggunakan masker sebagai penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Pejabat Humas PT KAI Wisata, M. Ilud Siregar, mengatakan pihaknya tetap menerapkan prokes secara ketat bagi pengunjung yang berwisata di dua museum yang dikelola jawatannya. Selain harus dalam kondisi sehat, yakni tidak menderita pilek, batuk, anosmia, diare, dan demam, pengunjung juga wajib mengenakan masker.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

“Suhu badan juga tidak lebih dari 37,3 derajat Celcius. Jadi kami tetap menyediaan fasilitas untuk higienis seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu dengan thermogun, imbauhan selalu jaga jarak, dan PHBS [penerapan pola hidup bersih dan sehat],” ujarnya, Jumat (20/5/2022).

Terkait jam operasional, Museum Lawang Sewu pada hari biasa berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sedangkan saat akhir pekan atau hari libur panjang, jam operasionalnya menjadi lebih panjang mulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Sementara itu, jam operasional Museum Ambarawa dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Persyaratan masuk museum pun antaralain pengunjung wajib vaksin minimal dosis 1, scan barcode PeduliLindungi, dan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Baca juga: Terungkap! Ini 3 Alasan Masyarakat Boleh Lepas Masker

“Untuk anak usia enam tahun boleh masuk dengan syarat pendamping atau orang tua sudah vaksin minimal dosis satu,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager Lawang Sewu, Listiono Kawista, mengatakan belum ada surat edaran (SE) tertulis dari Satgas Covid-19 maupuns satgas daerah terkait pelonggaran masker di tempat wisata. Hal itu pun membuatnya tidak berani menerapkan pelonggaran masker kepada para pengunjung.

“Termasuk di luar ruangan [tidak menggunakan masker]. Soalnya kan di sini meski di luar ruangan, tetap akan masuk [ruangan] juga. Ini areanya da di luar dan di dalam,” ujar Listiono.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

+ PLUS Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

Urusan kerusakan lingkungan di Indonesia sebenarnya telah menjadi masalah sangat serius. Isu ini sebenarnya bagian dari domain politik. Kerusakan lingkungan adalah buah dari kebijakan dan politik.

Berita Terkini

CFD Semarang Kembali Dibuka, Inilah 10 Ruas Jalan Ditutup

CFD kembali dibuka di Kota Semarang setelah sebelumnya ditutup sejak pandemi Covid-19, Minggu (26/6/2022). 

Kecamatan Tersepi di Semarang Punya Kawasan Industri

Inilah kecamatan tersepi atau paling lengang di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit.

Pemerintah Jepara Bakal Tambah Satu SMP Negeri, Ini Lokasinya

Pemerintah Kabupaten Jepara berencana menambah satu lagi SMP negeri di Kecamatan Mlonggo.

Meriah! Begini Serunya Kirab Sedekah Bumi di Siwalan Semarang

Kirab sedekah bumi digelar warga Siwalan, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bahasa Indonesia Disebut Ikut Andil Dalam Kemunduran Bahasa Jawa

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Uswatun Khasanah menyebut, bahwa bahasa Indonesia ikut andil dalam kemunduran bahasa Jawa.

Anggota PMR PMI Grobogan Buat Peta Risiko Bencana di Sekolah

Anggota Palang Merah Remaja atau PMR PMI Grobogan membuat peta risiko bencana di sekolah atau bahaya, kerentanan, risiko dan kapasitas (BKRK) di sekolah.

Magelang Punya 11 Kampung Religi, Ini Daftarnya

Pemerintah Kota Magelang menetapkan 11 kampung religi di wilayahnya, berikut daftarnya.

PAN Kudus Usulkan Anies dan Ganjar Sebagai Bakal Capres

DPD PAN Kabupaten Kudus memasukan nama Gubernur DKI, Anies Baswedan, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dalam daftar 10 nama bakal capres 2024.

Kapolri Sambangi Kediaman Ketua PKB Jateng, Ada Apa?

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke kediaman Ketua DPW PKB Jateng, Yusuf Chudlori atau yang karib disapa Gus Yusuf.

Kecamatan Terkecil di Semarang, Luas 5,17 Km Persegi, Punya Banyak Mal

Inilah dia kecamatan terkecil di Kota Semarang, Jawa Tengah atau Jateng, yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 5,17 km persegi atau 1,38% luas wilayah Kota Semarang.

Daftar Desa di Jawa Tengah dengan Nama Unik, Nomor Enam Terdengar Horor

Berikut daftar desa di Jawa Tengah atau Jateng yang memiliki nama unik, ada Kandangsapi dan juga Setan.

Walah! Sepasang Kekasih Pelaku Curanmor di Banjarnegara Dibekuk Polisi

Satreskrim Polres Banjarnegara menangkap sepasang kekasih pelaku pencurian kendaraan bermotor di salah satu indekos di Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara.

Mantap! Juara Regional, Tim Robotika Upgris Lolos ke Final KRI 2022

Tim robotika Universitas PGRI Semarang atau Upgris lolos ke putaran nasional Kontes Robot Indonesia atau KRI 2022 yang digelar di ITS, akhir Juni nanti.

Tambah Kapasitas Energi Panas Bumi, PT Geo Dipa Gali 5 Sumur Baru

PT Geo Dipa akan mengebor lima sumur baru di Wilayah Kerja Dieng Unit II. Satu sumur sudah diujicobakan.

Pendaki Pemula Merapat! Ini Lima Gunung Terpendek di Jateng

Berikut daftar lima gunung terpendek di Provinsi Jawa Tengah atau Jateng.

Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Rembang

Berikut ini terdapat daftar pembagian wilayah zonasi SMA negeri di Kabupaten Rembang dalam PPDB 2022 berdasarkan SK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.