SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Meski masih wacana pembangunan, museum keris sudah banyak yang melirik. Bahkan ratusan tosan aji seperti keris dan tombak siap menghiasi ruang pamer museum. Hal itu diungkapkan seorang penggagas Museum Keris, IA Joko Suyanto, saat ditemui wartawan di Balaikota. “Sudah banyak pencinta maupun pemerhati keris yang siap menghibahkan koleksinya. Sudah ada ratusan (keris),” ujarnya.

Joko mengatakan, penyumbang tosan aji tak hanya dari Kota Solo. Sejumlah penikmat keris dari luar kota pun, imbuhnya, banyak yang sudah menyatakan kesediaan. Salah satunya Fadli Zon, seorang tokoh politik nasional.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Sebenarnya masih banyak lagi tokoh yang siap menyumbangkan koleksi. Nanti pada saatnya akan kami sampaikan,” tutur lelaki yang juga Ketua Forum Bawarasa Tosan Aji Soedjatmoko itu.

Meski menglaim sudah memperoleh ratusan keris, dia terus woro-woro ke penikmat keris lain untuk menyumbangkan koleksinya. Joko menerangkan, keris yang dipamerkan di museum akan dikonsep dari zaman ke zaman. Asal-usul hingga bahan baku pusaka, imbuhnya, juga akan diungkap dalam museum. Pihaknya telah menyiapkan enam orang pemerhati keris yang siap mendata dan menguliti latarbelakang keris.

Sementara itu, Kabid Cagar Budaya dan Heritage Dinas Tata Ruang Kota Solo, Mufti Rahardjo, mengatakan berkiblat pada International Council of Museum (ICOM) dalam pengelolaan Museum Keris. Ihwal sumber koleksi yang dipamerkan di museum, Mufti menyebut bisa lewat hibah, titipan, pembelian, tukar menukar, temuan dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya