SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)--Publik tampaknya masih harus sabar menunggu untuk bisa melihat dan menikmati kondisi bagian dalam Museum Karst Wonogiri. Selain diorama dan pajangan yang belum selesai pemasangannya, musem itu kini juga mengalami masalah terkait sambungan listrik.

Akibatnya, pembukaan museum itu untuk umum diperkirakan tertunda lagi. Sebelumnya, Museum Karst yang terletak di Desa Gebang, Pracimantoro itu mengalami sejumlah kerusakan kecil, seperti atap yang bocor dan dinding yang retak. Kerusakan itu kini sudah diperbaiki.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Espos, museum bertaraf internasional yang masih menjadi tanggung jawab Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini masih terus berbenah, terutama di bagian dalam. Sebab, masih banyak pajangan dan diorama yang belum selesai dipasang.
Camat Pracimantoro, Kuswandi, ditemui di Wonogiri, Senin (19/4), mengungkapkan, masalah suplai aliran listrik tersebut terjadi karena di wilayah Gebang belum ada tegangan listrik tiga fase. Di wilayah itu baru ada tegangan satu fase dan itu tidak cukup kuat untuk menyuplai kebutuhan di museum itu.

“Sedangkan kalau harus memakai genset sangat boros biaya. Untuk penerangan enam jam saja membutuhkan biaya Rp 1,5 juta untuk membeli solar,” ujar Kuswandi yang mengaku selalu diajak berkoordinasi oleh pegawai Kementerian ESDM yang ditugaskan di Museum Karst.

Menurut Kuswandi, sampai saat ini, Museum Karst belum memiliki sambungan listrik sendiri, tapi masih dompleng ke sambungan listrik penerangan umum di luar gedung. Ditambahkannya, kebutuhan listrik di Museum Kars cukup besar. Selain untuk penerangan, juga untuk pendingin udara, monitor LCD, panel-panel dan sebagainya.


shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya