Museum Gajah Kebobolan, Emas Mataram & Majapahit Raib

 Museum Nasional atau lebih populer dengan sebutan Museum Gajah, Jakarta. (flickr.com/ilustrasi)

SOLOPOS.COM - Museum Nasional atau lebih populer dengan sebutan Museum Gajah, Jakarta. (flickr.com/ilustrasi)

Solopos.com, JAKARTA — Museum Nasional atau yang lebih populer disebut Museum Gajah untuk kesekian kali kebobolan. Sejumlah koleksi emas dari masa kejayaan Dinasti Mataram Kuno dan Kerajaan Majapahit yang tersimpan di ruangan khusus raib.

Pengelola museum mengaku mengetahui hilangnya benda cagar budaya bernilai ekonomi tinggi itu Rabu (11/9/2013) sekitar pukul 09.10 WIB, namun baru Kamis (12/9/2013) dilaporkan ke Polsek Gambir. Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan, saat jumpa pers di Museum Gajah, Kamis, berkilah pihaknya terlebih dulu melakukan penyelidikan internal.

PromosiBelum Ada Bintang Terang, Aja Kesusu…

“Kejadian itu diketahui karena sedang terjadi pergantian satpam. Saat dilakukan pengecekan, baru diketahui empat lempengan emas itu hilang,” kata Kacung sebagaimana dikutip Merdeka.com. Setelah diketahui ada barang yang hilang, sambungnya, petugas keamanan langsung melapor ke pengelola.

Mereka, masih menurut Kacung, kemudian melakukan penyelidikan internal. “Untuk mencari dugaan disimpan atau ditaruh di tempat lain. Karena saat bersamaan pihak Museum Nasional sedang melakukan pemotretan pada benda-benda peninggalan sejarah tersebut untuk kepentingan museum,” jelasnya.

Saat penyelidikan berlanjut ke lokasi penyimpanan, ditemukan pintu ruangan dan etalase terdapat bekas telah dibuka paksa. Kendati setiap lantai di Museum Nasional diawasi dengan kamera close circuit television (CCTV), namun Kacung di hadapan pers menyatakan saat kejadian itu kamera CCTV di ruangan sasaran pencurian mati.

Koleksi emas di Museum Nasional ditempatkan di Ruang Khasanah Emas yang berada di lantai ke-2 Gedung A. Ruangan itu diamankan secara khusus dibandingkan ruangan lain. Bahkan ruangan itu, menurut catatan Solopos.com, tak dibuka sepanjang waktu.

Kacung pun mengakui, untuk memasuki Ruang Khasanah Emas itu tamu harus mestinya harus memasuki tiga lapis pengamanan. Meskipun pencuri berhasil membobol Ruang Khasanah Emas, hanya satu etalase yang dijarah, yakni etalase di sebelah kiri ruangan.

Portal aneka berita Detikcom mencatat pencurian itu bukan kali pertama terjadi di museum itu. Sejak tahun 1961, setidaknya sudah 3 kali terjadi pembobolan tempat penyimpanan benda-benda cagar budaya yang dianggap bernilai sejarah tertinggi di Indonesia itu. Setelah pencurian oleh perampok legendaris, Kusni Kasdut tahun 1961, selama kurun 1990-an sudah terjadi 2 kali pencurian.

“Ini ketiga. Pertama kehilangan keramik tahun 92-an, juga pernah hilang dan enggak kembali,” ungkap Direktur Museum Nasional Intan Mardiana di Museum Nasional, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (12/9/2013).

Intan menambahkan, museum itu juga pernah dicuri koleksi lukisannya. Kali ini melibatkan orang dalam. “Lalu lukisan Basuki Abdullah tahun 1996, tapi pelakunya ditangkap dan barang kembali. Dan ternyata itu kerja sama sama orang dalam. Dan tahun ini, ini yang ketiga kalinya,” jelas dia.

Apakah pencurian kali ini juga melibatkan orang dalam? Hal itu menurut Intan Mardiana masih diselidiki polisi. “Kan masih penyelidikan polisi. Jadi kalau ada kecurigaan orang dalam, itu yang sedang diselidiki,” kata Intan.

Benda yang hilang dari Museum Gajah kali ini adalah 4 artefak emas dari abad X, yakni era Dinasti Mataram Hindu, serta artefak emas dari masa jaya Kerajaan Majapahit. Keempat artefak itu adalah lempengan naga berbentuk serpihan emas dengan panjang 5,6 cm dan lebar 5 cm, lalu lempengan bulan sabit beraksara dengan ukuran panjang 8 cm dan lebar 5,5 cm, kemudian lempengan Harihara dengan panjang 10,5 cm dan lebar 3,5 cm, dan terakhir cepuk berdiameter 6,5 cm dengan tinggi 6,5 cm.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Pengemudi Ngantuk, Mobil Tabrak Pembatas Hingga Keluar dari Tol Madiun

Kecelakaan tunggal dialami mobil Honda Mobilio berpelat nomor S 1220 WW di KM 614.700 B Tol Kertosono-Madiun, Kamis (26/5/2022) siang.

Di Balik Slogan Solo The Spirit Of Java, Ternyata Begini Ceritanya

Slogan Solo The Spirit Of Java lahir dari sayembara yang digelar Pemkot Solo sekitar tahun 2005 sebagai upaya branding promosi pariwisata dan kebudayaan regional Soloraya.

Pasar Kelet Jepara Kebakaran, 4 Kios Ludes Terbakar

Pasar Kelet yang ada di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengalami kebakaran.

Digosipkan dengan Raffi Ahmad, Siapa Mimi Bayuh?

Nama Mimi Bayuh menjadi sorotan setelah muncul gosip selingkuh dengan Raffi Ahmad, siapa wanita ini?

Viral! Cerita Wisatawan Dipaksa Naik Jip ke Bunker Kaliadem Merapi

Rombongan wisatawan yang hendak ke obyek Bunker Kaliadem dipaksa untuk menggunakan jasa mobil jip, cerita itu kemudian viral di media sosial.

Dapat Tugas Menangani Minyak Goreng, Benarkah Luhut Punya Usaha Sawit?

Mendapat tugas untuk mengatasi masalah minyak goreng, apakah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan punya perkebunan sawit?

Jalan Dakwah Habib Novel Alaydrus

Habib Novel Alaydrus adalah tokoh Islam asal Solo yang menghidupi umat dengan dakwah sejuk.

30 Tahun Dewa 19 Berkarya: Nostalgia dan Rejuvenasi di Kota Asal

Grup band Dewa 19 menyajikan perpaduan nostalgia dan rejuvenasi atau peremajaan untuk merayakan 30 tahun berkarya di belantika musik Indonesia.

All New Tracker RS, SUV Kecil dari Chevrolet

Chevrolet mengenalkan sport utility vehicle atau SUV berukuran kecil, All New Tracker RS khusus untuk pasar otomotif di China.

Begini Serunya Kejuaraan Karapan Sapi di Sampang Jatim

Kejuaraan digelar dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan sekaligus ajang promosi wisata

Johnny Depp Menyangkal Testimoni Amber Heard

Pada Rabu (25/5/2022), Johnny Depp dan pengacara menyangkal testimoni Amber Heard yang mengklaim sang aktor melakukan kekerasan fisik.

Warga Keluhkan Jalan Rusak, Ini Penjelasan Sekda Ponorogo

Warga mengeluhkan kondisi jalan rusak yang ada di beberapa titik di Ponorogo.

Kian Menjanjikan, Begini Kiat Bisnis Usaha Bunga Papan

Pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman menggerakkan ekonomi Solo termasuk bisnis bunga papan.

Timnas Indonesia U-19 Bawa 22 Pemain ke Toulon Cup, 2 dari Persis Solo

Timnas Indonesia U-19 telah menuntaskan pemusatan latihan di Stadion Madya Senayan Jakarta sejak 16 Mei 2022 untuk menghadapi Toulon Cup Prancis.

Kenapa Wanita Hamil Ngidam? Ini Penjelasannya

Tidak sedikit wanita hamil mengalami ngidam atau ingin menyantap makanan tertentu, kenapa hal ini bisa terjadi?