SOLOPOS.COM - Museum Kereta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA– Untuk menarik minat kunjungan siswa ke museum, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY berharap seluruh museum di DIY kreatif menggelar event-event khusus. Apalagi, museum pada kurikulum 2013 salah satu objek pembelajaran siswa.

Kepala Disdikpora DIY Baskara Aji mengatakan, kreativitas museum-museum dalam menggelar event khusus dapat menarik minat siswa untuk berkunjung. Misalnya, menggelar pameran tematik khusus siswa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Siswa enggan ke museum disebakan dua hal. Pertama mereka sudah pernah ke satu museum. Kedua, mereka menilai museum tidak menarik,” ungkap Baskara di kantornya, Jumat (4/10/2013).

Menanggapi rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menarik minat pengunjung ke museum dengan menggunakan cerita mistik, Baskara menilai hal itu tidak perlu dilakukan.

Menurutnya, masing-masing museum tinggal menyiapkan pemandu-pemandu yang bisa menjelaskan sejarah masing benda di museum.

“Tinggal bagaimana kesiapan museum, punya nggak penutur yang menarik? Nggak perlu cerita-cerita hantu itu. Apalagi, pada kurikulum 2013 museum menjadi salah satu objek pembelajaran siswa. Misalnya, siswa dituntut mengetahui soal teknologi pertanian, bisa berkunjung ke museum pertanian di Imogiri Bantul,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya