Solopos.com, PEKALONGAN — Petugas UPTD Museum Batik Pekalongan melakukan identifikasi dan pengecekan kain dan selendang batik hibah dari keluarga Wakil Presiden RI pertama Mohammad Hatta atau Bung Hatta di Museum Batik Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (6/6/2023).

PromosiOngen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Batik Pekalongan Akhmad Asror, bahwa proses identifikasi itu antara lain meliputi detail motif serta bahan dan teknis pembuatannya.

Ekspedisi Mudik 2024

Kain batik karya Iwan Tirta hibah dari keluarga Bung Hatta tersebut memiliki panjang kain 2,5 meter dan panjang selendang dua meter, kondisi kain itu masih terdapat lapisan prada emas di latar kain sekitar 100 persen, dan di bagian corak phoenix sekitar 50 persen.

Kain batik maupun selendang batik koleksi pribadi dari istri Bung Hatta, Rachmi Hatta, ini direncanakan disimpan di ruang penyimpanan  Museum Batik Pekalongan.

 

Mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Kabinet Indonesia Bersatu pada 2004-2009 yang juga sebagai anak dari Wakil Presiden RI pertama Mohammad Hatta atau Bung Hatta, Meutia Farida Hatta Swasono (tengah), didampingi anak dari Bung Hatta lainnya, Halida Nuriah Hatta (kanan) dan Kepala UPTD Museum Batik Pekalongan Ahmad Asror berbincang saat berkunjung di Museum Batik Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (5/6/2023). (Antara/Harviyan Perdana Putra)

 

Setelah melakukan identifikasi awal hibah kain batik dan selendang dari keluarga Bung Hatta itu dengan hasil pengukuran panjang kain 2,5 meter dan panjang selendang dua meter, kondisi kain batik itu masih terdapat lapisan prada emas di latar kain sekitar 100 persen, dan di bagian corak phoenix sekitar 50 persen. (Antara/Harviyan Perdana Putra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi