SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Banyak pelaku wisata di Solo yang belum menjadi anggota Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solo. Tingginya uang pangkal dan belum semua travel agent memiliki izin dinilai menjadi kendala.

Salah satu pengurus Asita Solo, Mirza Ananda, mengatakan Asita merupakan organisasi penting untuk perkembangan wisata di Solo. Dia menuturkan uang pangkal menjadi anggota senilai Rp1 juta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, ada wacana untuk menurunkan uang pangkal namun tidak semua anggota setuju. Hal ini karena Asita tidak hanya sekedar organisasi yang menghimpun pelaku wisata tapi juga memberikan pelatihan dan keterampilan untuk meningkatkan bisnis yang dijalankan anggotanya.

“Selain itu, banyak pula travel agent yang belum memiliki izin secara resmi padahal syarat menjadi anggota Asita harus memiliki izin usaha resmi,” ungkap Mirza kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (22/10/2013).

Hal tersebut menyebabkan hanya ada 78 anggota yang memiliki hak suara dalam pemilihan ketua Asita periode 2013-2017 di Kusuma Sahid Prince Hotel pada Kamis (31/10/2013) mendatang. Padahal travel agent di Soloraya jumlahnya mencapai ratusan.

Sekretaris panitia musyawarah cabang (muscab) ini mengatakan saat ini pihaknya sudah menyebarkan undangan sekaligus formulir pengusulan ketua Asita untuk periode mendatang.

Dia menjelaskan setiap anggota bisa mengusulkan satu nama atau mencalonkan diri sendiri asalkan sudah pernah menjadi pengurus minimal satu periode. Dia mengatakan hingga kini belum ada calon ketua yang menonjol.

Sementara itu, sebelum muscab dilaksanakan, Mirza mengatakan ada praevent berupa sepeda santai yang dilaksanakan pada Minggu (27/10/2013). Sepeda santai dengan tema Polowijo Sehat, Segar, dan Berbudaya tersebut akan dimulai dari Kantor Asita pada pukul 06.30 WIB.

“Target peserta kami sebanyak 100 orang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya