Murah! Tarif KRL Solo-Jogja akan Seperti Prameks

Tarif KRL Solo-Jogja akan seperti KA Prameks karena disubsidi pemerintah.

Murah! Tarif KRL Solo-Jogja akan Seperti Prameks

SOLOPOS.COM - Armada KRL Commuter Line yang berada di Dipo Citayam, Jawa Barat. (Bisnis Indonesia-Nurul Hidayat)

<p><strong>Solopos.com, SOLO</strong> &mdash; Kereta rel listrik (KRL) yang bakal dikembangkan sebagai pengganti kereta Prambanan Ekspress (Prameks) kemungkinan bakal menerapkan sistem pelayanan yang sama dengan KRL di Jakarta. Tarifnya juga akan menggunakan harga tiket bersubsidi seperti Prameks.</p><p>&ldquo;Teknologinya mestinya standar KRL, jadi semestinya sama dengan yang ada di Jakarta. Sistemnya pun sama, nanti ada penataan di stasiun-stasiun tempat KRL itu berhenti, seperti ada loket khusus KRL, jadi terpisah antara pelayanan jarak jauh dengan lokal KRL,&rdquo; kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, Senin (2/4/2018).</p><p>Dengan adanya loket khusus KRL itu, seperti halnya operasional KRL di Jakarta, Eko juga menyebut nantinya pelanggan bisa memanfaatkan kartu berlangganan KRL. Kartu itu akan seperti kartu <em>multitrip</em> sehingga transaksi pembayaran tidak perlu dengan uang tunai. Pemegang kartu <em>e-money</em> dari bank-bank juga bisa untuk bertransaksi perjalanan KRL. &ldquo;Ya nanti kan semua di tata.&rdquo;</p><p>Meskipun memakai kartu untuk membeli tiket, tarif KRL untuk rute-rute di Jakarta sama seperti tarif Prameks yang juga merupakan tarif subsidi. Bahkan menurut Eko, subsidi paling besar dari pemerintah yang mengalir ke Direktorat Jenderal Perkeretaapian digunakan untuk mensubsidi tarif KRL. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat naik KRL.</p><p>&ldquo;Soal tarif nanti jadi berapa kami juga belum tahu, yang jelas untuk saat ini tarif Prameks mulai Rp8.000-Rp16.000/penumpang. Itu tarif subsidi,&rdquo; kata Eko. Dia menegaskan KRL adalah proyek dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sehingga segala bentuk kebijakan teknis ada di kewenangan Kemenhub.&nbsp;</p><p>KRL disiapkan sebagai solusi atas tingginya permintaan kereta lokal Solo-Jogja dan sebaliknya yang selama ini hanya dilayani Prambanan Ekspress (Prameks) pakai KRDE dan KRDI. Dalam sehari, Prameks bisa melayani 16.000 penumpang dengan 21 trip per hari. &ldquo;Itupun banyak menolak calon penumpang, terutama pada jam-jam padat dan weekend,&rdquo; kata Eko, Minggu (1/4/2018) lalu.</p><p>Prameks KRDE dibatasi kapasitas 800 penumpang, sedangkan Prameks KRDI sebanyak 500 penumpang. Prameks kereta umum kapasitasnya lebih sedikit lagi sehingga kapasitas Prameks saat ini sangat terbatas. Terkadang, PT KAI mengambil KA terusan untuk melayani penumpang lokal Kutoarjo-Jogja-Solo dengan kereta jarak jauh dan tarif yang berbeda.</p>

Berita Terkait

Berita Terkini

Bonus Sedikitnya Rp5,5 Miliar Telah Menunggu Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Kemenpora telah menyiapkan bonus Rp5 miliar bagi para peraih medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Pengelola Mal di Solo: Nunggu SE PPKM Pemkot Seperti Nonton Sinetron Ikatan Cinta

Pengelola mal di Solo harap-harap cemas menunggu Surat Edaran Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terkait PPKM level 4.

Ongkos Pasang Baliho Partai di Solo Bisa untuk Beli Ratusan Oxygen Concentrator

Baliho salah satu politikus perempuan mulai bermunculan di Kota Solo dan sekitarnya sekitar Juni lalu.

Mal dan Pusat Perbelanjaan Solo Segera Dibuka? Ini Kata Wali Kota Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan jawabannya mengenai kapan mal dan pusat perbelanjaan Kota Bengawan bakal dibuka kembali.

Spesifikasi Infinix INBook X1 Pro, Laptop Kekinian dengan Tampilan Kece

Inilah laptop perdana milik Infinix, yakni INBook X1 Pro dengan tampilan kece dengan spesifikasi yang menarik untuk disimak.

Kabar Duka, Pemilik Batik Danar Hadi Santosa Doellah Meninggal Dunia

Pengusaha batik Solo pemilik merek Batik Danar Hadi Santosa Doellah meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS pada Senin (2/8/2021).

FOTO : BI Solo Sumbang 200 Tabung Oksigen

Bantuan 200 tabung oksigen dari KPw BI Solo kepada Pemkot Solo

Anak Usaha SG, PT SMOR Dukung Akselerasi Wirausaha BUMDes

PT Semen Gresik (SG) melalui perusahaan patungan, PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR) menggelar program peningkatan SDM dan BUMDes.

Bupati Madiun Klaim Penyaluran Bansos Covid-19 Tanpa Pungli

Penyaluran bansos Covid-19 berupa paket sembako dan uang tunai di Kabupaten Madiun sejauh ini sesuai prosedur tidak ada pungli maupun korupsi.

Suami Kena Strok, Istri Menderita Kanker, Polsek Banjarsari Solo Turun Tangan Beri Bantuan

Polsek Banjarsari mendatangi kediaman seorang pasangan suami istri, Sukijo Ismail dan Apri Sridaryatun di Kelurahan Banjarsari, Kota Solo, Senin (2/8/2021) siang.

Bantu Penanganan Pandemi Covid-19, BI Solo Sumbang 200 Tabung Oksigen

Sebanyak 200 tabung oksigen diberikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

PPNI Solo: Dyah Ayu Jadi Perawat Ke-11 yang Meninggal Positif Corona

Perawat RSUD Bung Karno Solo Dyah Ayu Kusumasari menjadi perawat ke-11 yang meninggal terpapar virus corona selama pandemi di Kota Bengawan