Murah dan Mudah Ditemukan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Pertolongan Pertama Sakit Gigi
Ada beberapa cara dan bahan sederhana untuk pertolongan pertama sakit gigi (ilustrasi/freepik)

Solopos.com, SOLO – Hampir seluruh manusia pasti mengalami sakit gigi dan hal ini memang tidak menyenangkan. Sebab, nyeri yang kalian alami bisa saja membuat kesulitan berbicara, melakukan aktivitas, sulit tidur bahkan membuat kalian tidak nyaman makan.

Meskipun, cara terampuh menghilangkannya adalah dengan pergi ke dokter gigi. Namun, pandemi tentunya membuat kita ragu untuk berkunjung ke rumah sakit yang memiliki risiko lebih besar terkena virus corona.

Namun, hal tersebut bukan berarti membuat kita harus berdiam dii menahan sakit. Masih ada beberapa mudah untuk mengurangi dan menenangkan sakit gigi yang dialami, seperti yang dilansir dari okezone.com belum lama ini.

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh Terkonfirmasi Positif Covid-19

Air garam

Cara pertama adalah dengan menambahkan satu sendok makan garam ke dalam secangkir air hangat. Aduk hingga merata dan kumur-kumur. Berkumur dengan air garam dapat membantu membersihkan kotoran yang tersangkut di gigi. Ini juga dapat membunuh bakteri yang membuat gigi sakit. Cara ini bisa mengurangi pembengkakan pada gusi.

Kompres dengan es

Ambil es batu dan bungkus dengan kain, lalu Letakkan di bagian mulut. Namuan, jangan meletakkannya langsung di gusi atau gigi. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Kunyit

Kunyit dikenal sebagai ramuan antiseptik dan antiinflamasi yang kuat. Tanaman ini telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad dan dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Hal ini juga dikenal untuk membunuh bakteri. Caranya, dengan minum segelas susu kunyit atau membuat pasta bubuk kunyit dan air lalu dioleskannya pada gusi.

Beredar Info Pasar Gede Solo Ditutup Karena Pedagang Kena Covid-19, Ini Faktanya

Cengkeh

Seperti ramuan ajaib, cengkeh dapat membantu mengobati sakit gusi dan sakit gigi. Caranya, dengan menggunakan minyak cengkeh, kemudian oleskan ke daerah yang sakit menggunakan kapas. Kalian juga dapat menggunakan minyak cengkeh yang dicampur dengan air, dan dibuat berkumur dengannya. Selain itu, kalian bisa menyimpan cengkeh di mulut dan terus mengisapnya.

Teh Peppermint

Teh peppermint dikenal memiliki banyak manfaatnya. Secangkir teh peppermint dapat menyembuhkan gusi yang sakit seperti kilat. kalian dapat menggunakan kantong teh hangat atau mendinginkannya sebentar lalu taruh pada area yang sakit. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom