Mungkinkah Hepatitis Akut Misterius Terkait Covid-19?

Sebuah penelitian berusaha mengungkapkan hubungan antaran hepatitis akut misterius dengan Covid-19.

 Ilustrasi hepatitis akut misterius. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hepatitis akut misterius. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebuah penelitian mengungkapkan kemungkinan hepatitis akut misterius terkait dengan Covid-19. Meski belum diketahu penyebabnya, sejauh ini para ahli menduga penyebabnya adalah adenovirus.

Baru-baru ini, ada laporan anak-anak mengalami hepatitis akut yang parah di Inggris, Eropa, Amerika Serikat, Israel, dan Jepang. Sebagian besar pasien datang dengan gejala gastrointestinal dan kemudian berkembang menjadi penyakit kuning dan, dalam beberapa kasus, gagal hati akut.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Sejauh ini, tidak ada paparan lingkungan yang umum telah ditemukan, dan agen infeksi tetap menjadi penyebab yang paling masuk akal. Virus hepatitis A, B, C, D, dan E belum ditemukan pada pasien ini, tetapi 72% anak dengan hepatitis akut berat di Inggris yang diuji untuk adenovirus memiliki adenovirus yang terdeteksi, dan dari 18 kasus subtipe di di Inggris, semuanya diidentifikasi sebagai adenovirus.

Ini bukan subtipe yang tidak umum, dan terutama menyerang anak-anak dan pasien dengan gangguan sistem kekebalan. Namun, menurut studi yang dirilis di Lancet itu, adenovirus 41F sebelumnya belum pernah dilaporkan menyebabkan hepatitis akut yang parah.

Baca Juga: Kenali Gejala Hepatitis Akut Misterius pada Anak dan Orang Dewasa

Dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (17/5/2022), SARS-CoV-2 telah diidentifikasi pada 18% kasus yang dilaporkan di Inggris dan 11 (11%) dari 97 kasus di Inggris dengan data yang tersedia diuji positif SARS-CoV-2 saat masuk; tiga kasus lainnya dinyatakan positif dalam 8 minggu sebelum masuk rumah sakit. Tes serologis yang sedang berlangsung kemungkinan akan menghasilkan lebih banyak anak dengan hepatitis akut parah dan infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya atau saat ini.

Sebelas dari 12 pasien Israel dilaporkan menderita Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir, dan sebagian besar kasus hepatitis yang dilaporkan terjadi pada pasien yang terlalu muda untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Infeksi SARS-CoV-2 dapat mengakibatkan pembentukan reservoir virus.

Persistensi virus SARS-CoV-2 di saluran pencernaan dapat menyebabkan pelepasan berulang protein virus melintasi epitel usus, sehingga menimbulkan aktivasi imun. Aktivasi imun berulang tersebut mungkin dimediasi oleh motif superantigen dalam protein lonjakan SARS-CoV-2 yang mirip dengan enterotoksin B6 Staphylococcal yang memicu aktivasi sel T yang luas dan non-spesifik.

Baca Juga: Waspadai Hepatitis Akut, Begini Cara Adenovirus Masuk ke Tubuh

Aktivasi sel imun yang dimediasi superantigen ini telah diusulkan sebagai mekanisme penyebab sindrom inflamasi multisistem pada anak-anak. Hepatitis akut telah dilaporkan pada anak-anak dengan sindrom inflamasi multisistem, tetapi koinfeksi virus lain tidak diselidiki.

“Kami berhipotesis bahwa kasus hepatitis akut parah yang baru-baru ini dilaporkan pada anak-anak bisa menjadi konsekuensi dari infeksi adenovirus dengan trofisme usus pada anak-anak sebelumnya. terinfeksi oleh SARS-CoV-2 dan membawa reservoir virus,” papar hasil penelitian yang dirilis pada 13 Mei 2022 itu.

Baca Juga: Hepatitis Misterius Menyebar Lewat Udara & Makanan, Ini Saran Kemenkes

Pada tikus, infeksi adenovirus peka terhadap syok toksik yang dimediasi oleh Staphylococcal-enterotoxin-B, yang menyebabkan gagal hati dan kematian. Sembilan hasil ini dijelaskan oleh skewing imun tipe-1 yang diinduksi adenovirus, yang, setelah pemberian enterotoksin B Staphylococcal berikutnya, menyebabkan produksi IFN-? yang berlebihan dan apoptosis hepatosit yang dimediasi IFN-?.

“Kami menyarankan agar anak-anak dengan hepatitis akut diselidiki untuk persistensi SARS-CoV-2 dalam tinja, kemiringan reseptor sel T, dan IFN -? upregulation, karena ini dapat memberikan bukti mekanisme superantigen SARS-CoV-2 pada inang yang peka terhadap adenovirus-41F. Jika bukti aktivasi imun yang diperantarai superantigen ditemukan, terapi imunomodulator harus dipertimbangkan pada anak dengan hepatitis akut berat,” demikian penjelasan dari penelitian itu.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Studi Ungkap Kemungkinan Kaitan Hepatitis Akut dengan Covid-19

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

+ PLUS Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

Pemerintah mengalokasikan dana abadi Rp7 triliun untuk menunjang peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Berita Terkini

Hikmah dan Syarat Sah Berkurban Saat Iduladha

Terdapat beberapa hikmah terkait anjuran berkurban di hari Iduladha atau hari-hari Tasyriq ini.

30 Negara Ini Legalkan Ganja untuk Medis, Thailand Salah Satunya

Sejumlah warganet menyebutkan Thailand merupakan salah satu negara yang melegalkan penggunaan ganja untuk medis.

Penjelasan NASA dan Lapan Soal Fenomena Langka Planet Sejajar

Terjadi sebuah fenomena langka yang bisa disaksikan di wilayah Indonesia yakni planet sejajar.

Ini Penyebab Cerebral Palsy yang Dikaitkan dengan Pelegalan Ganja Medis

Penyebab cerebral palsy dan pengaruhnya terhadap fungsi tubuh sangat bervariasi.

Perjuangan Santi dan Dwi Pertiwi Soal Ganja Medis Hingga ke MK

Perjuangan Santi atas penggunaan ganja untuk keperluan medis juga sampai ke MK.

Benarkah Ganja Medis Bisa untuk Pengobatan Penderita Cerebral Palsy?

Aksi seorang ibu bernama Santi viral lantaran memperjuangkan ganja medis untuk pengobatan putrinya yang menderita Cerebral palsy.

Kenapa Daging Babi Haram bagi Muslim?

Alasan kenapa daging babi haram bukan hanya karena cacing pita yang menjadi parasit di tubuh babi.

Hukum Nonton Video Bokep Bareng Istri Dalam Islam

Berikut hukum Islam tentang aktivitas download dan menonton video bokep atau porno bersama suami atau istri.

Lagi Viral! Ada Soto Balungan dan Soto Goreng di Solo, Pernah Coba Lur?

Ada kuliner viral dan unik di Kota Solo, Jawa Tengah, yakni soto balungan dan soto goreng. Sudah ada yang pernah coba?

Kenali Dampak Digital Amnesia Terhadap Daya Ingat

Fenomena digital amnesia mulai terjadi, kenali dampaknya terhadap daya ingat manusia.

Apa Itu Digital Amnesia? Ini Penjelasannya

Kecanggihan teknologi memudahkan kita dalam semua aspek kehidupan, lalu apa itu yang disebut digital amnesia?

Bisa Menghapus Dosa 2 Tahun, Ini Keutamaan Puasa Arafah Jelang Iduladha

Menjelang Lebaran Iduladha, muslim dianjurkan melaksanakan puasa sunah arafah pada 9 Djulhijah pada kalender Islam Qamariyah/Hijriyah.

Pemotor Tak Pakai Helm Lewat Depan Pos Polisi, Langsung Difoto Pak Pol!

Polisi menilang pemotor dengan sistem ETLE yang tidak mengenakan helm saat melintas di depan pos polisi.

Video Penampakan Polisi Tilang Pelanggar Pakai Kamera HP, Cukup Difoto!

Seorang polisi melakukan penilangan kepada pelanggar lalu lintas dengan menggunakan kamera HP di Sukoharjo. Ini videonya!

Membayar Utang atau Sedekah, Mana yang Didahulukan?

Ada kalanya kita dihadapkan pada pilihan apakah melaksanakan sedekah terlebih dahulu atau menunaikan kewajiban membayar utang.

Fenomena Langka Lima Planet Sejajar 24 Juni, Muncul Lagi 2041

Pada 3 hingga 24 Juni 2022, para pencinta astronomi disuguhi fenomena langka lima planet sejajar yang kemungkinan baru muncul lagi pada 2041.