Mundurnya Rektor UI dari Wakil Komut BRI Dipuji Kalangan DPR

Kalangan DPR memuji langkah Rektor Universitas Indonesia atau UI Ari Kuncoro mundur dari jabatan wakil komut Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

 Karangan bunga dari Keluarga Alumni UI Solo Raya berisi ucapan yang menyindir Rektor UI Ari Kuncoro. (Whatapps Group)

SOLOPOS.COM - Karangan bunga dari Keluarga Alumni UI Solo Raya berisi ucapan yang menyindir Rektor UI Ari Kuncoro. (Whatapps Group)

Solopos.com, JAKARTA — Kalangan DPR memuji langkah Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro yang mundur dari jabatan wakil komisaris utama Bank Rakyat Indonesia. Dia adalah Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian, yang menilai mundurnya Rektor UI Ari Kuncoro dari Wakil Komut BRI merupakan langkah tepat.

Hetifah berharap Ari Kuncoro dapat fokus mengembangkan perguruan tinggi negeri tersebut. “Kami rasa itu langkah yang sudah semestinya dilakukan dan patut diapresiasi. Semoga ke depannya dapat berfokus untuk mengembangkan UI menjadi world class university,” kata Hetifah, Kamis (22/7/2021).

Baca Juga: Di Brasil, Presiden Dituduh Korupsi Seusai Didemo soal Covid-19

Politikus Golkar tersebut juga meminta para rektor di perguruan tinggi lain mengambil pelajaran untuk tidak mengambil jabatan lain. Dengan tidak merangkap jabatan, maka konsentrasi para rektor tidak terpecah dan fokus memajukan kampusnya masing-masing.

“Begitu pula dengan rektor-rektor lainnya, sebaiknya berfokus memajukan kampus masing-masing dan tidak terpecah dengan konsentrasi di lembaga lainnya,” ujar Hetifah.

Junjung Tinggi Statuta

Dia juga meminta para rektor dan petinggi kampus lain untuk menjunjung tinggi statuta yang telah disepakati sebagaimana latar belakang mundurnya Rektor UI.

“Peristiwa ini menjadi pembelajaran penting bagi Majelis Wali Amanat [MWA] dan Senat di seluruh perguruan tinggi agar ke depannya menjaga dan menjunjung tinggi statuta. Semoga para rektor tidak mudah teralihkan dari tanggung jawab utamanya,” ujarnya.

Baca Juga: Waspada Anosmia Covid-19, Ini 7 Bahan Alami Mengatasinya…

Dia berharap setiap rektor meningkatkan dedikasi untuk membangun dan menjaga marwah pendidikan tinggi baik untuk memacu pendidikan berkualitas, penelitian, maupun pengabdian masyarakat. Sebelumnya, BRI telah mengumumkan pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris  Utama BRI hari ini.

Dengan menerima pengunduran diri Ari, BRI menegaskan komitmennya untuk menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Berita Terkait

Berita Terkini

Suami Bejat Tawarkan Istri untuk Layanan Threesome

Dalam akun media sosial miliknya, pelaku mengunggah beberapa foto vulgar istrinya dengan tawaran layanan threesome.

Sejarah Hari Ini : 16 Oktober 1923, The Walt Disney Company Berdiri

Berbagai peristiwa penting dari seluruh penjuru dunia terjadi pada 16 Oktober dan rangkumannya tersaji dalam Sejarah Hari Ini.

Sedih! 11 Korban Tragedi Susur Sungai di Ciamis, 2 dari Jateng

Tragedi susur sungai di Ciamis menyebabkan 11 siswa MTs Harapan Baru meninggal dunia karena tenggelam, di mana dua di antaranya dari Jateng.

Bergaji Rp20 Juta/Bulan, Karyawan Pinjol Ilegal Rajin Cari Korban

Brigjen Helmy Santika mengatakan ketujuh karyawan pinjol ilegal selama ini mendapatkan gaji yang cukup fantastis.

Susur Sungai Bikin 11 Siswa MTS Ciamis Tenggelam Ternyata Agenda Rutin

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menyebut susur sungai yang menyebabkan 11 siswa MTs Harapan Baru sebenarnya kegiatan yang rutin digelar.

Kekhawatiran Peraih Nobel Perdamaian Terkait Banjir Informasi di Medsos

Maria Ressa menyoroti algoritma yang digunakan dalam distribusi berita oleh platform-platform media sosial dan news aggregator, yang dapat menciptakan perpecahan dan mengancam perdamaian.

11 Jenazah Korban Susur Sungai Ditemukan, Ini Daftarnya

Berdasarkan data Pusdalops PB BPBD Ciamis yang diperoleh Solopos.com, Jumat pukul 22.00 WIB, sudah ada 11 jenazah siswa yang ditemukan.

Susur Sungai Berujung Petaka, 11 Siswa MTs Ciamis Meninggal Dunia

Sebanyak 11 siswa MTs di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar) meninggal dunia saat melakukan kegiatan susur sungai.

Innalillahi...10 Siswa Tenggelam Saat Susur Sungai

Tim SAR dari BPBD Ciamis, Basarnas, TNI-Polri dibantu masyarakat melakukan pencarian siswa tenggelam sejak sore.

Brigadir NP Pembanting Mahasiswa Dijerat Pasal Berlapis

Propam Polda Banteng menjerat Brigadir NP dengan pasal berlapis atas tindakannya membanting mahasiswa yang berdemo di Tengerang. Sementara Kapolresta Tangerang siap dicopot jika kejadian terulang.

Istri Dianiaya Suami Hingga Meninggal, Diduga Karena Main TikTok

Terbakar cemburu seorang suami tega menganiaya istrinya hingga akhrnya meninggal dunia, diduga dipicu main TikTok.

Impor RI Meningkat, Sebagian Besar dari China

Sebagian besar dari impor tersebut berasal dari China yakni senilai US$4,44 miliar atau setara dengan Rp63 triliun (asumsi kurs Rp14.200).

Bisa Jadi Saingan Deddy Corbuzier, Ini Pekerjaan Baru Novel Baswedan

Novel Baswedan menyatakan akan tetap melakukan kampanye antikorupsi setelah tidak lagi duduk di KPK. Ia akan melanjutkan perjuangannya di Youtube.

Suara Azan di Jakarta Disorot Media Asing, Bagaimana Aturannya di Arab?

Pemerintah Arab Saudi pun membuat aturan terkait pengeras suara (external loudspeaker) di luar masjid agar tidak mengganggu, baik itu kepada rumah-rumah sekitar, pasien, lansia, hingga anak-anak.

Warga Negara Asing Jadi Donatur Sekaligus Mentor Pinjol Ilegal

Aparat Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri memburu seorang WNA berinisial Zj yang berperan sebagai pemodal pinjol.

Susur Sungai, Puluhan Siswa MTs di Ciamis Tenggelam, Begini Nasibnya

Sejumlah siswa MTs tenggelam saat mengikuti kegiatan susur sungai di Sungai Cileueur, Kabupaten Ciamis,