SOLOPOS.COM - Garibaldi "Boy" Thohir. (Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA — Konglomerat Garibaldi Thohir akan mundur dari posisinya sebagai Komisaris Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), dan digantikan oleh Agus Martowardojo. Boy Thohir, saapaan akrabnya, tercatat memegang 1 miliar lebih saham GOTO. Saham GOTO yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) mencapai 1,18 triliun saham.

Garibaldi Thohir tercatat memegang 1.054.287.487 (1,05) miliar saham GOTO. Pada perdagangan Kamis (8/6/2023), saham GOTO berada di level Rp125 per saham. Oleh karena itu, aset saham Boy Thohir di GOTO mencapai Rp131,75 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

GOTO pada Kamis (8/6/2023) mengumumkan agenda Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST dan RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 30 Juni 2023. GOTO mengusulkan 9 agenda RUPST dan 2 agenda RUPSLB, salah satunya terkait perubahan dewan direksi dan komisaris.

Terkait perubahan pengurus, perseroan menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama/CEO menggantikan pejabat sebelumnya, Andre Soelistyo. Pergantian ini akan efektif setelah mendapatkan restu pemegang saham. Patrick juga akan didukung veteran Gojek, Thomas Husted, yang dinominasikan sebagai Wakil Direktur Utama, yang nantinya akan mengemban tugas sebagai Chief Operating Officer.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, Andre Soelistyo akan mengisi dewan komisaris, bertukar posisi dengan Patrick. Manajemen GOTO juga mengusulkan Agus Martowardojo menjadi komisaris utama menggantikan Garibaldi Thohir.

Agus Martowardojo sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) pada tahun 2005-2010, dan Menteri Keuangan Republik Indonesia pada tahun 2010-2013. Agus kemudian menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pada tahun 2013-2018.

Terkait pencalonan Andre Soelistyo sebagai Komisaris GOTO, manajemen menyampaikan nantinya Andre akan mengawasi dan memberikan arahan strategis kepada manajemen. Tujuannya agar GOTO menuju target Ebitda yang disesuaikan positif pada akhir tahun 2023 dan pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Direktur Utama dan Co-Founder GoTo, Andre Soelistyo, menyampaikan, pencapaian GoTo merupakan hasil kerja keras banyak pihak, termasuk para pemimpin kelas dunia yang kini menjalankan bisnis GoTo.

Sebagai calon penerus Andre, Patrick Walujo sebenarnya bukan orang baru. Dia bersama sama Andre, Nadiem Makarim, dan para founder lainnya ikut membesarkan Gojek sejak masih beroperasi dari garasi rumah hingga menjadi unicorn, decacorn, merger dengan Tokopedia, dan mencatatkan saham sebagai perusahaan publik (IPO) di Bursa Efek Indonesia.

Andre Soelistyo menyelesaikan masa jabatan setelah melewati dua tahun kepemimpinan sebagai CEO GOTO. Sebelumnya, ia memegang sejumlah posisi puncak di Gojek dan berperan penting dalam melahirkan berbagai inovasi baru seperti bisnis logistik dan finansial.

Dia optimistis saat mencanangkan target adjusted Ebitda pada akhir tahun ini. Pada kuartal I/2023, GOTO sukses melakukan sejumlah perbaikan, baik di sisi topline maupun bottom line. GOTO membukukan nilai transaksi bruto atau gross transaction value (GTV) senilai Rp149 triliun, tumbuh 6 persen secara tahunan (YoY).

Dari total GTV ini, perseroan berhasil mengantongi pendapatan bruto sebesar Rp6 triliun, melesat 14,3 oersen. Pertumbuhan pendapatan bruto yang lebih tinggi dari kenaikan GTV menunjukkan manajemen mampu mengoptimalkan mesin pendapatan dengan memonetisasi semua kekuatan unit bisnis.

Perusahaan teknologi dengan ekosistem terbesar di tanah air ini berhasil mencetak pendapatan bersih senilai Rp3,3 triliun, melonjak 123 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp1,5 triliun.

Meski masih membukukan kerugian Rp3,9 triliun, GOTO secara perlahan mulai membalikkan keadaan. Sebagai pembanding, rugi bersih GOTO pada kuartal I/2022 mencapai Rp6,6 triliun. Artinya rugi bersih tersebut membaik signifikan sebesar 41 persen dalam setahun terakhir.

Penunjukan CEO baru ini disambut oleh investor pasar modal dengan penguatan saham GOTO.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan dengan adanya perubahan kepemimpinan di GOTO, maka arus pasti akan berubah.

“Namun, semua akan kembali kepada sejauh apa rencana bisnis, visi, dan komitmen dari pemimpin untuk membawa GOTO melangkah maju. Selain itu, kompetisi memang penting, tapi arah dari perusahaan juga jauh lebih penting,” kata Nico dihubungi Bisnis, Kamis (8/6/2023).

Menurutnya, penunjukan CEO baru GOTO ini memberikan arus positif bagi pergerakan saham GOTO sesaat menjelang penutupan perdagangan. Menurutnya, investor memiliki harapan baru dengan adanya pergantian pemimpin.

Pada penutupan perdagangan Kamis (8/6/2023), saham GOTO ditutup naik 7,76 persen atau naik 9 poin ke level Rp125 per saham menjelang penutupan setelah kabar penunjukan CEO baru GOTO muncul. Saham GOTO sepanjang hari diperdagangkan pada rentang Rp113-Rp125 per saham. Nico mencermati saat ini saham GOTO dengan tingkat probabilitas 67 persen memiliki potensi menuju level Rp130, dengan exit di level Rp105 per saham.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya