Mundur, Pemilihan Lurah Serentak di Sleman bakal Digelar Pada 12 September

Pemkab Sleman memastikan akan menggelar pemilihan lurah serentak pada 12 September 2021, setelah sedianya digelar pada 22 Agustus 2021.

 Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SLEMAN — Pemerintah Kabupaten Sleman akan menggelar pemilihan lurah (pilur) serentak di Sleman pada 12 September 2021. Keputusan ini diambil menyesuaikan kebijakan PPKM Level 4.

Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Kalurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Sleman, Agung Endarto, mengatakan sedianya pilur serentak digelar 22 Agustus 2021. Namun karena ada PPKM Level 4,  kini pemerintah menetapkan pelaksanaan Pilur pada 12 September.

Setelah penetapan pelaksanaan pilur, lanjut Agung, tahapan-tahapan kegiatan yang sempat tertunda akibat PPKM Darurat akan dilanjutkan.

Baca Juga: Bocah SMP asal Sleman yang Meninggal di Rumah Sempat Minta Ibunya Segera Pulang

Pemilihan lurah serentak tahun ini, kata Agung, akan digelar di 35 kalurahan. Dari jumlah tersebut terdapat empat kalurahan dengan bakal calon lurah lebih dari 5 orang di antaranya Trihanggo, Trimulyo, Sendangadi, dan Margomulyo. Bakal calon lurah ini akan diseleksi menjadi 5 calon saja melalui ujian tertulis.

“Ujian tertulis calon lurah bagi kalurahan dengan bakal calon lebih dari 5 orang akan dilakukan 3 Agustus, besok,” kata Agung kepada Harian Jogja, Minggu (1/8/2021).

Selain ujian tertulis, lanjut Agung, kegiatan bimbingan teknis panitia tingkat kalurahan tentang panduan KPPS akan digelar pada 9 dan 11 Agustus. Begitu juga dengan pelatihan KPPS yang akan dilaksanakan pada 12-29 Agustus.

Baca Juga: Bocah SMP asal Kalasan Sleman Ditemukan Meninggal di Rumah dengan Bekas Luka

Pelantikan

Kegiatan selanjutnya, pengambilan undian nomor urut calon lurah akan digelar pada 30 Agustus. Kampanye calon lurah digelar mulai 6-8 September, dan masa tenang 9-11 September 2021. “Setiap tahapan dilaksanakan sesuai prokes,” katanya.

Setelah pemilihan dilakukan dengan e-Voting, lanjutnya, pada 12 September nanti dilakukan penetapan calon lurah terpilih oleh Badan Permusyawaratan Kalurahan. “BPK kemudian menyampaian nama calon lurah terpilih kepada Bupati melalui Panewu pada 13 September, dan pelantikan lurah terpilih digelar pada 16 September,” katanya.

Sebagain informasi, Pemprov DIY mengubah nomenklatur kelembagaan kecamatan dan kelurahan terkait keistimewaan DIY. Perubahaan nomenklatur ini diatur dalam Pergu DIY No. 25 tahun 2019.

Baca Juga: Pemkab Sleman akan Bangun Instalasi Generator Oksigen Senilai Rp1,9 Miliar

Dengan adanya Pergub ini, maka kecamatan di tingkat kabupaten berganti nama menjadi kapanewon. Kecamatan di tingkat Kota Jogja menjadi kemantren. Sementara desa menjadi kalurahan, kepala desa menjadi lurah, dan sekretaris desa menjadi carik. Sedangkan kelurahan di Kota Jogja tidak berubah nama.

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Warga Bisa Urus Dokumen Ini, Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Kulonprogo

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) membantu masyarakat Kulonprogo dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

Kebijakan Ganjil Genap Objek Wisata Bantul Dievaluasi

Penerapan kebijakan ganjil genap di objek wisata Hutan Pinus Sari Mangunan, Bantul dievaluasi.

Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Dua pemuda asal Banjarnegara, Jawa Tengah tega menjual seorang gadis di bawah umur kepada pria hidung belang.

Ngentak Mangir Dulu Susah Sinyal, Kini Malah Jadi Kampung Internet

Inisiatif warga untuk berlangganan internet dan menyebarkan ke seluruh rumah membuat Kampung Ngentak Mangi di Bantul tak lagi susah sinyal.

Pemkab Bantul Ajukan Pantai Parangtritis untuk Dibuka

Pemkab Bantul mengajukan Pantai Parangtritis untuk melakukan uji coba operasional selama PPKM

15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemberian vaksin Moderna untuk warga Kulonprogo telah dimulai sejak Sabtu (18/9/2021). Jumlah vaksin Moderna yang tersedia sebanyak 15.000 dosis.

Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

Pengelola objek wisata di Kota Jogja keberatan apabila aturan ganjil genap jadi diberlakukan. Pasalnya, tanpa aturan itu pun, jumlah pengunjung yang bisa masuk sangat sedikit.

Deretan Orang Kaya dari Jogja, Ada Nama Artis Ibu Kota

Ini dia deretan orang kaya atau konglomerat dari Jogja, DI Yogyakarta, yang salah satunya berasal dari dunia hiburan Tanah Air.

Indahnya Tempat Wisata Tersembunyi di Bantul Ini, Jalannya Menantang Hlo

Tempat wisata kali ini begitu menantang medan jalan yang ditempuh dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Pengunjung harus berhati-hari karena jalannya yang setapak dan sampingnya terdapat sungai.

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.

Sepuluh Persen SMP di Bantul Jalani Uji Coba PTM

Senin Depan, sejumlah SMP sederajat di Bantul menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Ganjil Genap Diberlakukan ke Tebing Breksi, 72 Kendaraan Diputar Balik

Sebanyak 164 kendaraan dizinkan naik ke Tebing Breksi selama pemberlakukan ganjil genap.

Dampak PPKM, Kualitas Udara Kota Jogja Kian Membaik

Penerapan PPKM yang berlangsung sejak Juli lalu disebut berdampak pada kualitas udara di Kota Jogja.

Aturan Ganjil Genap ke Tebing Breksi Diberlakukan, Puluhan Kendaraan Diputar Balik

Banyak wisatawan yang tak tahu aturan ganjil genap saat hendak berwisata ke Tebing Breksi, Sleman, sehingga harus rela dibupatr balik petugas.

Jelang Uji Coba PTM, Vaksinasi Pelajar SMP Terus Dikebut

Vaksinasi pelajar adalah salah satu upaya Pemkab Bantul untuk mendukung uji coba tatap muka sekolah agar orang tua siswa nyaman dan tenang.