Robert Mugabe dan Grace Mugabe (Theguardian.com)

Robert Mugabe yang telah mundur dari jabatannya sebagai Presiden Zimbabwe tetap digaji seumur hidup.

Solopos.com, HARARE – Mantan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, bakal menerima tunjangan sebesar Rp135 miliar. Selain itu, dia dan istrinya, Grace Mugabe, juga diberi keistimewaan terhadap hukum yang berlaku di Zimbabwe.

Kehidupan pasangan suami istri yang satu ini bakal terjamin meski Robert Mugabe tak lagi menjadi presiden. Sebab, dia bakal tetap menerima gaji Rp2 miliar setiap tahun seperti saat menjabat sebagai presiden. Gaji itu akan terus dibayarkan sampai dia meninggal dunia. Selain itu, dia dan istrinya juga mendapat jaminan kebal terhadap segala macam hukum yang ada di Zimbabwe.

Keistimewaan itu merupakan bagian dari perjanjian antara Robert Mugabe dan pemerintah Zimbabwe. Dia bersedia mundur dari jabatannya jika syarat itu dipenuhi. Setelah sepakat, dia akhirnya mengumumkan mundur dari kursi kepemimpinan yang telah dinikmati selama 37 tahun lamanya.

"Pemerintah bakal memberikan uang senilai Rp67 miliar sebagai tunjangan awal bagi Robert Mugabe. Selebihnya, pemerintah akan membayar sisanya dengan cara mencicil. Mugabe juga mendapat jaminan kesehatan, hukum, dan gaji penuh setiap bulan. Jika dia meninggal, sang istri akan diberi setengah dari gajinya setiap bulan," kata salah seorang pekerja pemerintah yang tak disebutkan namanya seperti dilansir The Independent, Sabtu (25/11/2017).

Tapi, keistimewaan yang diperolah Robert Mugabe itu tak lepas dari kontroversi. Salah satu politisi dari partai oposisi mengkritik kesepakatan antara pemerintah dengan sang mantan presiden. "Kami tidak tahu ada kesepakatan antara pemerintah dan Mugabe. Tapi, jika memang benar ada kesepakatan soal uang dan yang lain, maka ini jelas tidak relevan. Mugabe adalah mantan presiden yang semestinya tidak kebal terhadap hukum. Ini jelas dilarang oleh undang-undang," kata Douglaz Mwonzora, anggota partai oposisi utama di Zimbabwe, seperti dikabarkan The Guardian, Minggu (26/11/2017).

Selama berkuasa, Robert Mugabe membuat keadaan Zimbabwe terpuruk. Pasalnya, mata uang Zimbabwe bernilai sangat rendah. Utang negara juga terus menumpuk. Bahkan, tingkat pengangguran terus meningkat, yang membuat sebagian besar warganya hidup di bawah garis kemiskinan.

Ironisnya, kesulitan yang dihadapi rakyat Zimbabwe itu berbanding terbalik dengan kehidupan Robert Mugabe. Dia dan istrinya hidup mewah dengan harta berlimpah. Bahkan, sang istri disebut-sebut sangat senang menghabiskan uang untuk berbelanja di Eropa. Itulah sebabnya rakyat mendesaknya mundur lantaran tidak tahan dengan kemiskinan.

Kursi Presiden Zimbabwe saat ini ditempati oleh Emmerson Mnangagwa, 75. Dia merupakan sekutu Mugabe dari partai ZANU-PF yang berkuasa. Dia dilantik di depan ribuan rakyat Zimbabwe, Jumat (24/11/2017). Dia berjanji bakal membawa perubahan bagi kehidupan rakyat Zimbabwe.

 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten