SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di Jalan Tol Akses Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (9/4/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Presiden Jokowi meresmikan Tol Akses Tanjung Priok setelah mundur 2,5 tahun akibat lamanya waktu pembebasan lahan.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok pada Sabtu (15/4/2017) siang ini. Jokowi menuturkan pembangunan Jalan Tol Akses Tanjung Priok ini membutuhkan waktu yang lama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya inget sekali saat saya menjadi Gubernur DKI Jakarta, sudah berapa lama dan bolak balik mengurusi pembebasan lahan jalan tol ini sehingga mundur 2,5 tahun,” ujarnya saat sambutan dalam acara peresmian Jalan Tol Akses Tanjung Priok, Sabtu (15/4/2018).

Selain masalah pembebasan lahan, kendala pembangunan jalan Tol Akses Tanjung Priok ini terdapat kesalahan struktur pada 69 tiang sehingga harus dipotong dan diganti konstruksi tiang yang benar. “Ini jadi mundur sehingga baru bisa sekarang selesai dan diresmikan sejak 2008,” katanya.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok ini menjadi jalur lalu lalang kontainer yang akan menuju maupun dari Pelabuhan Tanjung Priok. Tentunya, jalan tol ini akan menngkatkan daya saing dan mempercepat pengiriman arus barang.

“Pelabuhan ini pelabuhan utama, main port. Sebelum barang dikirim ke pelabuhan lainnya, semuanya kumpul di pelabuhan Tanjung Priok. Begitu di pelabuhan itu tidak lancar pengirimannya, maka semuanya akan lambat sehingga dioperasikan tol ini sangat berpengaruh untuk lalu lintas kontainer,” tutur Jokowi.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok merupakan bagian dari Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR) dan tersambung dengan Tol Dalam Kota yakni di Seksi North South (NS) yang akan menghubungkan lalu lintas dari JORR ke Cawang, Pluit, serta langsung ke pelabuhan. Jalan Tol Akses Tanjung Priok terdiri dari lima seksi yakni seksi E-1 Rorotan-Cilincing sepanjang 3,4 kilometer, dan seksi E-2 Cilincing-Jampea dengan panjang 2,74 kilometer.

Lalu, seksi E-2A Cilincing-Simpang Jampea sepanjang 1,92 kilometer, NS Link Yos Sudarso-Simpang Jampea sepanjang 2,24 kilometer, dan NS Direct Ramp dengan panjang 1,1 kilometer. Seksi E-1 Rorotan-Cilincing sendiri telah rampung dan telah dioperasikan tanpa tarif sejak 2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya