SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Setelah heboh munculnya Tabloid Indonesia Barokah menjelang Pemilu 2019, kini muncul media propaganda baru bernama Tabloid Pembawa Pesan. Tabloid tersebut di antaranya sudah tersebar dan diterima warga Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, sejak Senin (28/1/2019) lalu.

Bedanya, jika Tabloid Indonesia Barokah memuat konten yang dianggap menyerang pasangan Prabowo-Sandiaga Uno, Tabloid Pembawa Pesan lebih banyak memuat sosok pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Misalnya, pada bagian sampul edisi 1 tabloid itu menampilkan tulisan bertajuk Bantu Presiden Lawan Hoaks , Fitnah , dan Kebencian dengan foto Jokowi pakai kemeja putih lengan panjang turun dari mobil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Suara.com, dalam Tabloid Pembawa Pesan ada pula tulisan berjudul Benarkah Rezim Jokowi Anti-Islam? Justru Jokowi Gandeng Ulama, dan artikel lain berjudul Jokowi Bela Kepentingan Asing dan Aseng? Justru Indonesia yang Menginvasi Cina.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain Tabloid Pembawa Pesan, warga juga mendapatkan kalender berwajah Jokowi-Ma’ruf, dua buah stiker bergambar Jokowi-Ma’ruf dan caleg dari PDIP nomor urut 11 Dapil DKI Jakarta VIII, Findri Puspitasari.

Tidak hanya itu, ada pula selembaran poster berisikan foto Findri yang meminta dukungan pada warga Jakarta, khususnya daerah Jagakarsa dan Pasar Minggu. Bingkisan tersebut di kemas ke dalam kotak kecil dengan sampul pembawa pesan lengkap dengan foto Jokowi-Ma’ruf.

Terkait itu, Bawaslu DKI menyita Tabloid Pembawa Pesan di sekitar wilayah Jakarta Selatan. Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri menuturkan Tabloid Pembawa Pesan diduga merupakan bahan kampanye milik calon anggota legislatif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Tabloid Pembawa Pesan disebarkan lewat kurir ke rumah-rumah di wilayah Jagakarsa.

Tabloid Pembawa Pesan itu dari salah satu caleg, katanya, informasinya PDIP. Kemudian penyebaranya melalui kurir dengan membawa ke rumah-rumah. Ada caleg lainnya memprotes debgan penyebaran tabloid pembawa pesan itu,” tutur Jufri, Rabu (30/1/2019), dilansir Suara.com.

Brosur Caleg PDIP Findri Puspitasari dikemas dengan Tabloid Pembawa Pesan yang beredar di Jagakarsa, Jaksel. (Suara.com/Bowo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya