SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Jadi, tidak jadi, jadi, tidak jadi….begitulah yang terjadi pada rencana kunjungan Presiden Obama ke Indonesia dan Australia. Saat ini beredar spekulasi bahwa rencana kunjungan pada Juni mendatang akan tertunda lagi.

Spekulasi itu beredar di kalangan jurnalis Gedung Putih. “Dengan adanya musibah lingkungan di Teluk (Meksiko-red) yang menyedot perhatian pemerintah, para jurnalis mulai bertanya apakah Presiden Obama benar-benar merencanakan meninggalkan AS selama 11 hari untuk perjalanan ke luar negeri,” tulis staf The Washington Post, Michael D Shear.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketika spekulasi itu ditanyakan pada Gedung Putih, Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih Bill Burton menyatakan bahwa kunjungan Obama masih sesuai jadwal.

“Well, sesungguhnya, banyak alasan untuk melakukan perjalanan itu (ke Indonesia-Australia),” kata Burton dalam pesawat Air Force One yang membawa Obama ke Pittsburgh untuk memberikan pidato ekonomi, seperti dilansir kantor berita AFP dan dikutip detik.com, Kamis (3/6).

“Tanpa memperhatikan diskusi apa saja yang mungkin telah terjadi, rencana perjalanan itu masih sesuai jadwal,” imbuhnya.

Meski demikian, hingga kini belum ada jadwal resmi tentang kunjungan itu yang dilansir Gedung Putih.

Di Indonesia, Obama dijadwalkan berbicara dengan Presiden SBY di Jakarta. Lalu dia bertolak ke Bali, sebelum ke Canberra untuk bertemu dengan PM Kevin Rudd dan berpidato di depan parlemen Australia.

Bila Obama memilih menunda lagi perjalanan ini, berarti ini kedua kalinya dia menunda perjalanan pada detik-detik terakhir. Sebelumnya, dia dijadwalkan ke Indonesia pada Maret, namun dibatalkan beberapa hari sebelum berangkat karena memilih mengawal pembahasan RUU Kesehatan yang penuh sejarah.

Saat ini pemerintah Obama sedang menghadapi krisis lingkungan akibat tumpahan minyak di Teluk Meksiko yang telah meluas hingga ke Florida.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya