Muncul Perbedaan Data Covid-19 di Klaten, Kok Bisa?

Data kasus aktif virus corona yang disampaikan Satgas PP Covid-19 Klaten ternyata berbeda dengan yang ditampilkan di website awasicorona.klatenkab.go.id.

 Ilustrasi virus corona atau Covid-19. (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona atau Covid-19. (freepik)

Solopos.com, KLATEN – Data kasus aktif virus corona yang disampaikan Satgas PP Covid-19 Klaten ternyata berbeda dengan yang ditampilkan di website awasicorona.klatenkab.go.id. Website itu menyebutkan data yang ditampilkan bersumber dari laman corona.jatengprov.go.id.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Satgas PP Covid-19 merilis kasus aktif virus corona hingga, Sabtu (29/1/2022) mencapai 39 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 17 orang menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat tingkat Provinsi Jateng, yakni di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali. Selain di isoter, terdapat juga warga Klaten yang menjalani perawatan di rumah sakit (RS).

PromosiJejak Pabrik Serat Nanas Pemasok Eropa di Mojogedang Karanganyar

Sementara di website awasicorona.klatenkab.go.id jumlah kasus aktif di Klaten mencatap 104 kasus. Pantauan Solopos.com di laman tersebut tertulis update terakhir dilakukan pada 27 Januari 2022. Laman itu juga menyebut data berasal dari corona.jatengprov.go.id.

Baca Juga: Hanya di Klaten, Perangkat Desa Dapat Dana Pensiun Rp7,5 Juta

Data tersebut merupakan jumlah data yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau domisili di Klaten atau domisili di luar Klaten yang mendapatkan pelayanan Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Klaten.

“Yang benar adalah data kami. Kasus aktif di Klaten saat sekarang mencapai 39 orang,” kata Ketua Satgas PP Covid-19 Klaten sekaligus Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat ditemui wartawan di Puskesmas Jambu Kulon, Kecamatan Ceper, Sabtu (29/1/2022).

Hal senada dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo. Satgas PP Covid-19 Klaten terus meng-update data setiap waktu. Sehingga, data Covid-19 yang akurat bersumber dari Satgas PP Covid-19 Klaten atau Pemkab Klaten.

“Kami akan telusuri [kenapa terjadi perbedaan data]. Jumlah 39 kasus Covid-19 yang kami sampaikan murni warga Klaten. Mungkin bisa saja data dari luar [Klaten]. Yang jelas, kami selalu update data setiap harinya,” katanya.

Baca Juga: Bupati Klaten Tak Persoalkan Penghapusan Tenaga Honorer, Tapi…

Sebagaimana diketahui, di Klaten terdapat 39 kasus Covid-19 hingga, Sabtu (29/1/2022). Di samping itu, terdapat dua kasus kematian karena virus corona, dalam tiga pekan terakhir.

“Dua warga yang meninggal dunia itu komorbid [memiliki penyakit penyerta]. Satu orang memiliki sakit gagal ginjal. Satunya lagi karena jantung,” Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Bidang P2PM Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Ini Identitas Korban Kecelakaan Maut Dua Truk di Teras Boyolali

Polisi merilis identitas korban kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) pukul 04.30 WIB.

Tabrak Pohon & Masuk Parit di Jaten Karanganyar, Warga Solo Meninggal

Pengendara motor asal Kadipiro, Banjarsari, Kota Solo, Danis Wisnu Murti, 23, meninggal seusai terlibat kecelakaan tunggal di Jl. Solo-Sragen tepatnya Jaten, Kabupaten Karanganyar, pada Selasa (17/5/2022).

Apa Itu Onggo-Inggi, Sosok yang Kerap Muncul di Jembatan Jurug Solo?

Apa sih itu Onggo-Inggi, sosok yang dikabarkan kerap muncul di Jembatan Jurug Lama Solo, Jawa Tengah?

Lahan 20,1 Hektare di Sragen Dihibahkan ke Kemenparekraf, Ini Lokasinya

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk pembangunan Poltekpar Negeri, lokasi lahan itu tersebar di tiga kelurahan.

Pemkab Klaten Kembali Mendapatkan Opini WTP, Ini Komentar Bupati

Pemerintah Kabupaten Klaten sukses mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Anggaran 2021.

Pemkab Sragen Hibahkan Lahan 20,1 Hektare ke Kemenparekraf, Buat Apa?

Pemkab Sragen menghibahkan lahan seluas 20,1 hektare kepada Kemenparekraf untuk lokasi pembangunan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri.

Kenapa Nama Sala Berubah Jadi Solo? Ternyata Ini Sejarahnya

Kira-kira kenapa nama Sala bisa berubah menjadi Solo, salah satu kota yang ada di Jawa Tengah? Ternyata begini sejarahnya.

Butuh 2 Crane Evakuasi 2 Truk Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Evakuasi kedua truk yang terlibat kecelakaan di Jl. Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) membutuhkan dua crane.

Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Kecelakaan maut melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022) diduga karena sopir mengantuk.

Dua Orang Meninggal Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Polisi menyebut dua orang meninggal dalam kecelakaan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Bluar! Dikira Truk BBM Terbakar di Jl. Solo-Semarang Boyolali, Ternyata

Salah seorang warga menyampaikan kesaksian saat kecelakaan melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Breaking News! Dua Truk Alami Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Dua unit truk terlibat kecelakaan di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (17/5/2022).

Mirip Punya Pemkot, Di Keraton Solo Juga Ada Wahana Kereta Listrik Lho

Di kawasan wisata Keraton Solo ada wahana baru kereta listrik yang bentuknya mirip kendaraan listrik wisata milik Pemkot Solo, mau coba?

Rudy Ikut Donor, DPC PDIP Solo Himpun 221 Kantong Darah

DPC PDIP Solo mengadakan aksi donor darah dan berhasil menghimpun 221 kantong dari pengurus dan kader. Aksi dipimpin langsung oleh FX Hadi Rudyatmo yang juga menjadi donor.

Libur Waisak Pasar Gede Solo Dipadati Pengunjung, Ini Yang Diburu

Pasar Gede Solo dipadati pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati kuliner khas atau membeli oleh-oleh pada libur Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022).