SOLOPOS.COM - Flek hitam pada wajah tentu akan sangat mengganggu penampilan, dan akan menjadi persoalan yang dianggap serius, terutama untuk wanita.(Istimewa/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Flek hitam pada wajah tentu akan sangat mengganggu penampilan, dan akan menjadi persoalan yang dianggap serius, terutama untuk wanita. Lalu sebenarnya apa penyebab dari munculnya flek hitam tersebut?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Ayu Astrini, Sp.KK., FINSDV,FAADV, menyampaikan noda hitam atau flek hitam pada kulit wajah bisa muncul akibat beberapa faktor.

Bukan hanya faktor luar seperti paparan sinar matahari, namun juga bisa terjadi karena faktor hormonal maupun faktor genetik. Artinya, jika ada seorang ibu memiliki flek hitam, maka anaknya juga memiliki potensi lebih besar mengalami flek tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun begitu tidak perlu khawatir sebab menurutnya hal itu bisa diatasi atau ditunda kemunculannya dengan beberapa perawatan.

“Sekarang sudah banyak krim yang bisa mengatasi flek atau menunda munculnya flek. Faktor genetik ada, namun hal itu [kemunculan flek] bisa dihambat,” kata dia dalam Health Talk dengan tema Mengenal Tanda Penuaan Dini yang disiarkan di Youtube RS JIH Solo.

Dia mengatakan ketika sudah diketahui adanya faktor genetik, kita bisa sedini mungkin melakukan pencegahan. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan sun screen. Selain itu juga dengan menggunakan krim-krim wajah yang dapat membantu supaya flek tidak terbentuk. Produk-produk yang mengandung vitamin A disebut bisa membantu supaya flek tidak lekas terbentuk.

“Genetik tidak bisa disalahkan, namun kita bisa meminimalkan dan mencegah. Banyak sekali yang dapat dilakukan saat ini,” lanjut dia.

Beberapa hal juga perlu dilakukan untuk mencegak munculnya flek hitam pada wajah. Selain terlalu banyak terpapar sinar matahari, paparan panas dari kompor ternayata juga berpengaruh. Untuk itu dia juga menyarankan agar penggunaan sun screen bukan hanya saat sering pergi ke luar rumah.

“Jadi walau tidak sering ke luar rumah tapi sering masak, maka penggunaan sun screen tetap harus dilakukan,” kata dia.

Penggunaan sun screen juga bisa membantu mengantisipasi kerutan pada daerah mata. Untuk itu dia juga menyarankan agar penggunaan sun screen bisa mencakup pada daerah di sekitar mata. Sebab terlalu banyak terpapar sinar matahari selain menyebabkan flek juga dapat menyebabkan kerut pada kulit.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya