SOLOPOS.COM - Musyawarah Nasional ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPPI) di UNS Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional atau Munas ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPPI) yang diselenggarakan pada 27-29 November 2022.

Pembukaan acara ini dihadiri Ketua APPPI Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D. yang juga Kepala Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS Solo; Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pascasarjana UNS Solo Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si.,  dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis dan Informasi UNS Solo Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara ini diawali dengan pengantar dari Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D. Dalam sambutannya, Profesor Sulistyo Saputro menyampaikan perguruan tinggi yang hadir dalam acara antara lain Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (Unnesa), Universitas Mataram (Unram), Universitas Pakuan Bogor, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Bengkulu, UIN Walisongo Semarang, UPGRIS Semarang, dan beberapa insitusi lainnya,” terang Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D dalam siaran pers yang diterima Solopos.com pada Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Mahasiswa UNS Bikin Mesin Purus Kayu Terintegrasi untuk Dorong Produksi Mebel

Pada dasarnya, APPPI merupakan kumpulan kepala program studi (Kaprodi) yang ada dalam S2 Pendidikan IPA dan S3 Pendidikan IPA di seluruh Indonesia. Dengan APPPI ini dapat meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPA di seluruh Indonesia. Bahwa saat ini, di Indonesia belum ada asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA di Indonesia.

Pembentukan APPPI diharapkan ada kesamaan misi dalam pembelajaran IPA. Kedua, menjaga kualitas Pendidikan IPA supaya lebih baik. Ketiga, ke depan perlu pelaksanaan join riset dan publikasi yang bisa dikerjakan secara bersama dari institusi yang tergabung dalam APPPI,” tandas Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D.

Baca Juga: Dosen Psikologi UNS Berikan Psikoedukasi Manajemen Stres di Majelis Taklim Alima

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis dan Informasi UNS Solo, Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si., dalam sambutannya di Munas ke-1 APPPI di UNS Solo ini, berpesan bagaimana APPPI dapat memprofesorkan seluruh Kaprodi Pendidikan IPA menjadi salah satu target program kerja ke depan dan pada intinya mengapresiasi Munas ke-1 APPPI yang diselenggarakan di UNS Solo.

Rektor UNS Periode 2023-2027 ini berharap adanya kolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Pada dasarnya, keberadaan research citation menjadi upaya meningkatkan H Index dalam suatu perguruan tinggi. Selain itu, ada langkah kedepan bagaimana mengembangkan model-model pembelajaran dapat diaplikasikan secara nyata.

“Intinya, kolaborasi antar perguruan tinggi yang digabung dalam asosiasi ini penting untuk kedepannya. Kontribusi Pendidikan IPA saling memadukan dan membangun kolaborasi dengan seluruh jaringan yang ada,” terang Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si.

Baca Juga: Resmi! UNS Terima Hibah Kampus Caruban dari Kabupaten Madiun

Hasil akhir dari Munas ke-1 APPPI  di UNS Solo secara aklamasi menetapkan Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D. (UNS Solo) sebagai Ketua Umum dan Dr. Euis Nursa’adah, M.Pd (Universitas Bengkulu) sebagai Sekretaris sekaligus semua pengurus lengkapnya.

Selain itu, Munas Ke-1 APPPI menghasilkan anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART) sebagai landasan operasional bagi perjalanan APPPI ke depannya. Terakhir adalah penandatanganan perjanjian kerja sama antar program studi oleh kepala program studi Pascasarjana Pendidikan IPA yang tergabung dalam APPPI.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya